Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/142415
Title: Analisis pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan penjualan : studi kasus di PT Sari Husada, Yogyakarta
Authors: Herlina, Lien
Farouck P., Harris
Issue Date: 1996
Publisher: IPB University
Abstract: Promosi pemasaran merupakan hal yang vital bagi PT Sari Husada. Penentuan biaya promosi merupakan masalah yang sulit bagi perusahaan, sebab seringkali setiap metode yang ada mempunyai kelebihan dan kelemahan di dalam realisasinya. Faktor- faktor yang dipertimbangkan oleh PT Sari Husada dalam perencanaan program promosi adalah identifikasi sasaran promosi, menetapkan jenis promosi yang komunikatif, efektif dan efisien serta program promosi yang menghambat pesaing. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji faktor-faktor internal dan eksternal yang berpengaruh dalam usaha pengembangan pemasaran produk di PT Sari Husada, mengetahui besarnya pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan penjualan serta membuat model persamaan regresi untuk mengidentifikasikan besarnya pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan penjualan produk. Setiap pengeluaran biaya bauran promosi perusahaan mempunyai tujuan akhir berupa tindakan nyata dari konsumen berupa pembelian produk yang diinformasikan melalui program promosi tersebut. Tindakan nyata dari konsumen ini berupa pembelian produk akan berdampak terhadap peningkatan penjualan perusahaan. Identifikasi SWOTdilakukan untuk membantu mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi dalam penentuan program promosi. Sifat produk PT Sari Husada merupakan produk belanjaan dengan harga jual yang relatif murah di kelasnya sehingga periklanan merupakan alat promosi yang tepat. Sebagai salah satu perusahaan dalam masa pertumbuhan, fokus utama strategi pemasaran PT Sari Husada adalah strategi distribusi yaitu dengan memperbanyak penyalur di tingkat distributor dan sub distributor. Disamping strategi distribusi, strategi pemasaran yang lainnya adalah strategi promosi dimana pada tahun-tahun mendatang akan diatur dan terpusat pada induk perusahaan yaitu PT Tiga Raksa Satria. Peramalan adalah penggunaan data atau informasi untuk menunjukkan kejadian masa depan dalam bentuk perhitungan atau prakiraan. Analisis regresi digunakan untuk menjawab bagaimana pola hubungan antar variabel sedangkan analisa korelasi menjawab keeratan hubungan yang diterangkan dalam persamaan regresi. Kedua analisis ini biasanya dipakai bersama-sama. Dari analisis regresi dengan menggunakan Minitab 8.2(Windows) diperoleh hasil: Sales = -1,42E+10+14,7 Iklan + 13,8 Persel+ 18,9 Promosel + 73,6 Publis dengan nilai t-hitung masing-masing untuk keempat variabel adalah 0,56; 0,84; 1,51 dan 3,01 dengan nilai R2 = 98,6% dan F-hitung 191,44. Setelah diadakan regresi antar variabel independen diperoleh hasil yang menunjukkan adanya gejala multikolinearitas di antara variabel-variabel independen tersebut. Agar model regresi dapat diterima secara ekonometrik dan estimator-estimator yang diperoleh dengan Least Square telah memenuhi hasil yang terbaik maka diadakan pengujian asumsi klasik. Setelah mengalami pengujian asumsi klasik diperoleh hasil sebagai berikut: Salesf-1,02E+09+ 130 Iklanf + 0,052 Perself + 23,2 Promoself + 28,8 Publisf dengan nilai t-hitung masing-masing untuk keempat variabel adalah 5,09; 2,71; 3,00 dan 3,21 dengan nilai R² 88,7% dan F-hitung 21,58. Dari hasil ini dapat dilihat bahwa nilai R² nilainya tinggi dan semua variabel independen secara statistik adalah signifikan dan setelah dilakukan regresi antar variabel independen didapatkan hasil yang tidak menunjukkan adanya gejala multikolinearitas, heterokedastisitas dan otokorelasi baik antar variabel tersebut, maupun variabel pengganggu dengan variabel independen ataupun antar variabel pengganggu. Hasil perhitungan koefisien beta menunjukkan variabel periklanan merupakan variabel yang paling dominan dalam menentukan tingkat penjualan disusul dengan publisitas, promosi penjualan dan yang terakhir penjualan personal. Model persamaan regresi ini hanya berlaku jika memenuhi beberapa asumsi yaitu bahwa model ini akan berlaku hanya pada tahap pertumbuhan dalam daur hidup produknya dan selama masa pertumbuhan ini, PT Sari Husada senantiasa mengadakan modifikasi produk untuk mengatasi kejenuhan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/142415
Appears in Collections:UT - Agro-Industrial Engineering

Files in This Item:
File SizeFormat 
F96HFA.pdf
  Restricted Access
14.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.