Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/141950
Title: Pengkajian media promosi dalam pemasaran produk perawatan rambut merek mustika ratu (studi Kasus)
Authors: Herlina, Lien
Heviawati, Sari
Issue Date: 1992
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji segmentasi pasar, menetapkan sasaran promosi dan menyusun alternatif strategi media promosi. Penelitian dilakukan terhadap produk perawatan rambut tradisional merek Mustika Ratu. Kajian terhadap segmentasi pasar ditujukan sebagai upaya pengembangan pasar. Segmentasi dilakukan terhadap berbagai merek produk perawatan rambut tradisional yang beredar. Setiap merek kemudian dibagi mejadi beberapa kelompok dengan meng- gunakan variabel alasan memilih produk, prioritas dalam memilih dan membeli produk serta sumber informasi. Teknik yang digunakan untuk proses tersebut adalah teknik analisis kelom- pok (cluster analysis) jumlah tetap dengan pendekatan pengukuran jarak rata-rata. Terdapat dua hal yang perlu diperhatikan dari keluaran proses segmentasi. Pertama, timbul kesan tradisional pada produk pesaing. Kedua, mayoritas anggota segmen merek Mustika Ratu menggunakan media komunikasi sesamanya sedangkan mayoritas anggota segmen merek Sari Ayu dan segmen merek lain meng- gunakan media komunikasi massa. Segmen sasaran produk perawatan rambut merek Mustika Ratu ditetapkan secara kualitatif dengan memperhatikan karakter, jumlah anggota kelompok dan kemampuan produsen melayani pasar. Adapun segmen yang dijadikan sasaran adalah segmen merek Mus- tika Ratu, kelompok dua dan tiga segmen merek Sari Ayu serta kelompok satu dan dua segmen merek lain. Alternatif strategi media promosi yang dihasilkan melalui analisis situasi matrik TOWS terdiri atas empat buah strategi. Keempat strategi tersebut adalah strategi kekuatan-peluang (SO ;strenghtness-oppurtunity), kelemahan-peluang (WO; weaknesses- oppurtunity), kekuatan-ancaman (ST; strenghtness-threat) dan kelemahan-ancaman (WT; weaknesses-threat). Strategi so terdiri atas empat langkah. Pertama, pemuatan iklan di harian Kompas, stasiun RCTI serta Suara Antara Mas. Kedua, pemuatan publisitas di majalah Femina dan tabloid Nova. Ketiga, penggunaan promosi dagang jenis bonus tahunan dan dis- play insentive. Terakhir, kerjasama dengan distributor untuk menyalurkan produk ke berbagai salon…dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/141950
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
F92she.pdf
  Restricted Access
8.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.