Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/141385
Title: Kajian strategi pengembangan usaha susu pasteurisasi pada firma surya dairy farm, Jakarta
Authors: Purwono, Joko
Petrus, Ricky Tagor Lesar
Issue Date: 2004
Publisher: IPB University
Abstract: Susu sebagai salah satu komoditas hasil peternakan, memiliki peran yang sangat signifikan dalam meningkatkan kualitas masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan protein dan mineral. Hal ini dikarenakan sebagian besar kandungan susu secara umum, terdiri dari air (+ 87,75 persen) dan bahan kering (+ 12,25 persen) seperti karbohidrat, protein, lemak, dan mineral (Departemen Kesehatan RI, 2000). Di Indonesia, konsumsi masyarakat akan susu masih rendah yaitu sebesar 5,16 kg/kapita/tahun (Direktorat Jenderal Peternakan, 2002). Hal ini terbukti dari perbandingannya dengan beberapa negara lain di Asia, yang secara nyata masih relatif rendah. Salah satu penyebab konsumsi masyarakat akan susu yang rendah adalah produksi susu dalam negeri yang masih belum mencukupi kebutuhan dan daya beli masyarakat yang masih rendah. Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Peternakan, sampai dengan tahun 2002, tingkat produksi nasional masih belum mampu memenuhi permintaan susu dalam negeri sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan impor susu untuk menutupi kekurangan tersebut. Salah satu perusahaan dalam industri pengolahan susu dan memfokuskan usahanya pada susu pasteurisasi di Indonesia adalah Firma Surya Dairy Farm, yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang budidaya sapi perah serta mengolah susu segar menjadi produk susu pasteurisasi, yang berdiri sejak tahun 1966 di daerah Ciputat, Jakarta. Untuk dapat mempertahankan eksistensinya dan bersaing dengan perusahaan susu lainnya, manajemen perusahaan Fa. Surya Dairy Farm dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan usaha sekarang dan merumuskan strategi baru yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor lingkungan eksternal yang menjadi peluang dan ancaman perusahaan, mengidentifikasi faktor lingkungan internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan, merumuskan strategi usaha yang dapat diterapkan Fa. Surya Dairy Farm sesuai dengan kondisi lingkungan perusahaan serta memilih prioritas strategi yang paling tepat diterapkan oleh Fa. Surya Dairy Farm. Penelitian pada Fa. Surya Dairy Farm dilakukan di dua tempat yaitu lokasi peternakan di Sukabumi dan kantor pemasaran perusahaan di Ciputat, Jakarta. Data dan informasi disajikan secara deskriptif. Analisis diawali dengan mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Alat yang dipakai untuk analisis lingkungan adalah matriks External Factor Evaluation (EFE) dan Internal Factor Evaluation (IFE), untuk mengetahui jenis strategi yang baik bagi perusahaan digunakan matriks Internal-External (IE), dan untuk menyusun alternatif strategi yang cocok bagi perusahaan digunakan...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/141385
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A04rtp.pdf4.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.