Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/141312
Title: Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam pemasaran gabah/beras : Kasus desa Mejasem, Tengeng Kulon, dan Yosorejo kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan Propinsi Jawa Tengah
Authors: Rusli, Said
Satria, Arif
Issue Date: 1995
Publisher: IPB University
Abstract: Tercapainya swasembada beras di Indonesia tidak bisa terlepas dari peran petani yang bersedia menanam padi, serta mengadopsi teknologi dalam proses pertumbuhan produksi dan produktivitas. Agenda penting selanjutnya adalah bagaimana kesejahteraan petani itu dapat ditingkatkan. Untuk meningkatkan kesejahteraan petani tidak hanya masa- lah produksi dan produktivitas saja yang harus diperhatikan, melainkan juga masalah kualitas produk, pemasaran, serta diversifikasi, baik vertikal maupun horisontal. Usaha ini dapat dimulai dengan mempelajari perilaku ekonomi petani padi melalui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani. Penelitian bertujuan mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani padi dalam pilihan institusi pemasaran, waktu dan jumlah jual gabah, sehingga tergambar perilaku ekonomi petani. Mengetahui rantai pemasaran gabah/beras, serta mempelajari posisi tawar petani padi terhadap pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh petani memasarkan gabahnya ke pedagang, padahal KUD dan sebagian penggilingan juga bersedia melayani pemasaran gabah tersebut. Faktor utama petani memasarkan gabah ke pedagang adalah rendahnya biaya transportasi, karena transaksi jual beli dilakukan di sawah dan atau rumah petani.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/141312
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A95ASA.pdf
  Restricted Access
25.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.