Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/140999
Title: Analisa sidik gerombol K - rataan terhadap nilai IPA dan Matematika siswa SLTA yang diterima IPB melalui TUSM dari tahun 1981/82 S/D 1984/85
Authors: Rambe, Abdurrauf
Mattjik, Ahmad Ansori
Pallawarukka
Hatta, Iha Haryani
Issue Date: 1986
Publisher: IPB University
Abstract: Setiap tahun pada tahap pendidikan SLTA ke PT terjadi ketidak seimbangan karena peningkatan jumlah tamatan SLTA yang ingin meneruskan pelajarannya ke PT tidak sesuai dengan peningkatan kemampuan dan kapasitas sarana pendidikan yang tersedia. Keadaan ini menimbulkan masa- lah dalam penyeleksian calon mahasiswa yang mempunyai kelayakan akademis untuk diterima menjadi mahasiswa baru melalui TUSM. Beranjak dari permasalahan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah : 1. Mempelajari sidik gerombol k-rataan digunakan untuk mengelompokkan SLTA yang mempunyai nilai relatif sama. 2. Melihat perkembangan prestasi yang dicapai suatu SLTA. Atas dasar nilai mata ajaran IPA dan Matematika bagi SLTA yang selama empat tahun siswanya diterima IPB melalui TUSM dilakukan sidik gerombol k-rataan dan di- tentukan tiga gerombol. Penggerombolan atas dasar NMR. TPB IPB ditentukan juga tiga gerombol. Penggerombolan atas dasar skor komponen tidak ber- pengaruh terhadap penggerombolan atas dasar NMR. SLTA-SLTA yang disertakan dalam penelitian ini atas dasar skor komponen sebagian besar (52,60%) mengikuti pola perkembangan tetap setidaknya selama tiga tahun. Pola seleksi mahasiswa baru di IPB melalui TUSM dapat di- katakan sudah mantap. SLTA tersebut (76,88%) mengikuti pola perkembangan tetap di NMR 2, NMR 3, yang meningkat, dan yang menurun dari NMR 3 ke NMR 2, setidaknya selama tiga tahun. Pola seleksi mahasiswa baru di IPB melalui TUSM dapat dikatakan sudah baik.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/140999
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G86IHH.pdf
  Restricted Access
10.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.