Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/140934
Title: Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap aparat terhadap pelayanan berkualitas dalam perizinan usaha : kasus Kantor Pelayanan Satu Atap Kota Bogor, Jawa Barat
Authors: Kolopaking, Lala M.
Budiarto, Urip
Issue Date: 2003
Publisher: IPB University
Abstract: Bergulirnya reformasi yang terjadi di Indonesia memberikan arti yang besar terhadap bagaimana warga negara kini berperan dalam mengarahkan kinerja birokrasi pemerintah. Pemerintah dituntut menjadi sebuah birokrasi ideal yang mampu mewujudkan efisensi serta efektifitas dalam segala bentuk aktivitasnya. Keberpihakan terhadap pemberdayaan masyarakat melalui pemberian berbagai kemudahan dan kesempatan berinisiatif menjadi harapan yang terus meningkat. Pelayanan perizinan usaha yang kurang berkualitas telah menjadi salah satu faktor dari birokrasi yang dirasakan menghambat bagi perkembangan usaha kecil dan menengah di Indonesia. Di samping faktor prosedur yang berbelit-belit, informasi yang tidak transparan dan sulit diakses, kelembagaan serta sistem koordinasi antar instansi yang belum mantap, pelayanan perizinan yang belum berkualitas juga terjadi karena faktor pelayanan aparat yang buruk. Karena itu, pembangunan sumber daya aparat untuk mendukung pelayanan perizinan yang berkualitas menjadi salah satu agenda penting yang harus dipersiapkan. Berbagai faktor yang mempengaruhi aparat terhadap pelayanan perizinan yang berkualitas kemudian penting diketahui dan diperhatikan sebagai pedoman perencanaan pembangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari sikap aparat terhadap pelayanan berkualitas dalam perizinan usaha dan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap aparat terhadap pelayanan berkualitas dalam perizinan usaha. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Pelayanan Satu Atap (KPSA) Kota Bogor, Jawa Barat pada bulan November Desember 2002. Responden penelitian diperoleh dengan melakukan sensus. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Data tersebut diolah secara kuantitatif dengan menggunakan tabel frekuensi, tabulasi silang, uji korelasi Cramer's dan uji korelasi Spearman dengan sistem komputer SPSS 10.0 for Windows. Data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara digunakan sebagai pendukung dan penjelas hasil analisa data secara kuantitatif...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/140934
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A03ubu.pdf
  Restricted Access
18.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.