Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/140372
Title: Sistem perencanaan organisasi untuk pengembangan produk baru : Studi kasus PT.Indomilk
Authors: Ma'arif, M.Syamsul
Munandar, Jono M.
Hendarsyah, Yoki Sandra
Issue Date: 1997
Publisher: IPB University
Abstract: Pengembangan produk adalah kegiatan yang dilakukan untuk menghadapi kemungkinan perubahan produk ke arah yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Proses pengembangan produk bukanlah pekerjaan yang ringan sebab menyangkut banyak unsur dari perusahaan, bersifat lintas fungsional dan membutuhkan kerja sama di antara pemasaran, operasi, teknik, dan fungsi lainnya. Dalam hal ini pemilihan struktur organisasi bagi proses pengembangan produk sangatlah dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan struktur organisasi bagi pengembangan produk baru sesuai dengan strategi pengembangan produk yang diambil melalui metoda Proses Hirarki Analitik (PHA) sehingga memperoleh keputusan struktur organisasi yang paling efektif. Kemudian menganalisa keputusan struktur organisasi yang terpilih serta merekomendasikan struktur organisasi. Hirarki keputusan disusun berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil kajian pustaka dan diskusi dengan manajemen (kalangan pakar) PT Indomilk. Dari hasil tersebut dibuat suatu resume dengan mengelompokkan kriteria-kriteria yang sejenis. Kelompok-kelompok kriteria tersebut kemudian disusun dalam suatu hirarki atau struktur. Melalui penelitian ini, dihasilkan lima hirarki yang terdiri dari satu hirarki strategi pengembangan produk baru dan lima strategi perencanaan organisasi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/140372
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
F97ysh.pdf
  Restricted Access
23.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.