Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/140301
Title: Kajian pasar dan penetapan produk baru kosmetika (Lipstik)
Authors: Fewidarto, Pramono, D.
Noor, Erliza
Noviyanthi, Ricky Wulan
Issue Date: 1997
Publisher: IPB University
Abstract: Perkembangan mode dan gaya hidup telah menyebabkan tingkat konsumsi lipstik yang terus meningkat. Berdasarkan data CIC (1995), rata-rata tingkat pertumbuhan produksi lipstik dari tahun 1991 sampai 1994 adalah 14,5 persen dengan rata-rata tingkat pertumbuhan konsumsi lipstik adalah 93,17 persen. Hal tersebut membuka peluang bagi perusahaan untuk melemparkan produk baru lipstik, terutama produk baru lipstik dengan bahan baku dasar lipstik berupa lemak nabati. Salah satu strategi agar produk dapat memasuki pasar adalah dengan memenangkan persaingan melalui strategi penempatan produk. Perumusan strategi akan lebih tepat jika memperhatikan perilaku konsumen terhadap produk lipstik sehingga diketahui keinginan konsumen. Selain itu perlu juga dipelajari keberadaan merek-merek lipstik lain di pasaran sebagai pesaing. Perilaku konsumen lipstik diketahui dari hasil penyebaran kuesioner dengan metoda purposive sampling dan teknik wawancara kepada responden. Sebelum hasil kuesioner diolah, dilakukan uji reliabelitas data untuk mengetahui kekonsistenan alat pengukur dengan teknik pengukuran ulang dan metoda moment product. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa kuesioner tersebut reliabel dengan nilai korelasi r sebesar 0,950. Selain itu digunakan pula analisa rantai markov untuk mengetahui perpindahan merek oleh pelanggan sehingga diketahui kesetiaan konsumen terhadap merek produk lipstik. Selanjutnya digunakan metoda analisa kelompok dengan teknik K-means clustering untuk mengetahui konsep produk yang disukai oleh sebagian besar konsumen. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/140301
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
F97rwn.pdf
  Restricted Access
4.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.