Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/139751
Title: Formulasi strategi pemasaran dengan menggunakan metode proses hirarki analitik di PT.Denta, Jakarta
Authors: Hermawan, Aji
Astuti, Purdiwati Sri
Issue Date: 1997
Publisher: IPB University
Abstract: PT. Denta merupakan produsen pasar gigi Enzim. Sebagai perusahaan yang masih dalam tahap pengenalan, perusahaan mempunyai kendala utama yang dihadapi yaitu rendahnya pengenalan produk di masyarakat sehingga pangsa pasara yang dimiliki perusahaan itu kecil. Perusahaan ini berupaya meningkatkan keberadaan pasta gigi Enzim di Indonesia. Keunggulan produk yang dimiliki oleh pasta gigi Enzim adalah produk pasta gigi non detergen dan mengandung enzim. Persaingan yang terjadi dalam industri pasta gigi menuntut kemampuan perusahaan untuk memprogram pemasaran yang tepat dalam rangkan meraih bagian pasar dan keuntungan yang lebih besar. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan dan mengidentifikasi peluang dan ancaman yang dihadapi, merumuskan alternatif strategi pemasaran dan menilai strategi pemasaran yang akan diterapkan pada perusahaan. Ruang lingkup strategi yaitu segmen, target, dan positioning, strategi bauran pemasaran pada strategi promosi, strategi distribusi, strategi harga dan strategi lini produk. Pada perumusan dan penilaian strategi pemasaran digunakan Proses Hirarki Analitik. Elemen-elemen dalam strategi pemasaran dinilai dengan matrik komparasi berpasangan. Ancaman yang dihadapi dalam industri pasta gigi yaitu pangsa pasar yang dimiliki pasta gigi Enzim kecil, pemasok memegang kendali harga bahan baku, bervariasinya jumlah produk dan merek pesaing, adanya produk substitusi, adanya pendatang baru industri pasta gigi, dan penawaran rendah pada konsumen yang elastis terhadap harga. Peluang yang dimiliki adalah posisi penempatan produk sebagai pasta gigi perawatan, penawaran tinggi pada konsumen yang menginginkan produk berkualitas, kapasitas produksi yang cukup besar untuk memperbesar volume produksi. Kekuatan yang dimiliki oleh fungsional pemasaran perusahaan adalah kualitas produk yang dihasilkan baik dan dua saluran distribusi yang digunakan memudahkan pengontrolan dan mencangkup wilayah pemasaran. Kelemahan yang dimiliki oleh fungsional pemasaran adalah positioning produk yang disampaikan ke konsumen kurang tepat, penggunaan dua distributor meninggikan biaya insentif distributor, efektifitas promosi kurang yang mengakibatkan brand awareness konsumen terhadap produk kurang, dan efektifitas penjualan yang kurang akibat kurangnya tenaga promosi penjualan. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/139751
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
F97PSA.pdf
  Restricted Access
12.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.