Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/139505
Title: Analisis Tataniaga Ayam Ras Pedaging di Wilayah Jakarta Pusat
Authors: Napitupulu, Asi H.
Atmakusuma, Juniar
Gultom, Riris Rollyna
Issue Date: 1988
Publisher: IPB University
Abstract: PB Penelitian ini dilakukan di Wilayah Jakarta Pusat dari tanggal 22 Maret sampai 22 April 1988. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (a) Mempelajari perlakuan- perlakuan (fisik dan ekonomik) yang dilakukan terhadap komoditi ayam ras pedaging mulai dari titik produsen hingga titik konsumen; (b) Mengukur besaran nilai tam- bah yang dihitung dari besaran biaya yang dikeluarkan untuk setiap perlakuan distribusi tersebut; (c) Menga- nalisis setiap besaran biaya tersebut pada butir (b) dan membandingkan dengan keinginan dari merekan yang membutuhkannya. Populasi penelitian adalah seluruh pasar di Wilayah Jakarta Pusat berjumlah 32 buah. Contoh diambil sejumlah 9 pasar secara sengaja (purposive). Penentuan contoh pedagang pemotong/pengecer pada setiap pasar tersebut dilakukan secara acak sederhana masing-masing berjumlah dua responden dari setiap pasar contoh. Setelah dari pedagang pemotong/pengecer, maka ditentukan pedagang pengumpul, kemudian peternak (produsen) yang berhubungan dengan pasar-pasar tersebut yaitu secara purposive. Jumlah responden pedagang pengumpul dan pe ternak masing-masing enam, orang. Contoh konsumen ayam ras pedaging ditentukan dengan cara acak sederhana, yaitu mereka yang berbelanja antara pukul 08:00 - 09:00 pagi. Analisis data yaitu: (1) Analisis tabulasi untuk menggambarkan saluran tataniaga ayam ras pedaging dan fungsi-fungsi tataniaga ayam ras pedaging; (2) Perhi- tungan biaya tataniaga, marjin tataniaga, keuntungan lembaga tataniaga dan bagian harga eceran yang diterima produsen (farmer's share). Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran tataniaga ternak ayam ras pedaging yang diteliti cukup sederhana dengan tidak banyak lembaga tataniaga yang terli- bat di dalamnya. Struktur pasar ternak ayam ras pedaging di tingkat pedagang pengumpul mengarah pada bentuk pasar oligopso- ni sedang di tingkat pasar pedagang pemotong /pengecer terjadi bentuk pasar persaingan sempurna. Konsumen lebih banyak menyukai karkas ayam ras pe- daging dalam bentuk utuh (84.1%), sehingga diharapkanā€¦dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/139505
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
D88rrg.pdf
  Restricted Access
9.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.