Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/139395
Title: Karakteristik Konsumen dan Pangsa Pengeluaran Kopi : Studi kasus di kelurahan kemanggisan, kec. Palmerah dan Kel. Kebayoran Baru, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Authors: Wagiono, Yayah K
Rizal, Yose
Issue Date: 1992
Publisher: IPB University
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen kopi pada dua kelompok masyarakat. Pembagian didasarkan atas pengeluaran mereka untuk keperluan konsumsi. Mengetahui karakteristik konsumen sekaligus dapat mengetahui variabel apa yang berpengaruh pada masing-masing kelompok masyarakat. Perbedaan karakteristik konsumen ini didukung dengan pangsa pengeluaran konsumen untuk kopi. Pangsa pengeluaran untuk kopi dibandingkan dengan pengeluaran untuk keperluan konsumsi dan pengeluaran total yang dilakukan. Karakteristik konsumen kedua kelompok masyarakat berbeda. Variabel pada kelompok masyarakat bawah yang paling berpengaruh adalah dorongan minum kopi dalam suatu acara/pertemuan. Pada kelompok masyarakat atas, variabel yang paling berpengaruh, alasan mereka menjadi konsumen. Pada masyarakat atas pangsa pengeluaran untuk kopi dibandingkan pengeluaran untuk keperluan konsumsi sebesar 2.25%, pada masyarakat bawah hanya 1.94%. Pangsa pengeluaran untuk kopi dibandingkan pengeluaran total pada masyarakat atas 0.72%, sedangkan pada masyarakat bawah sebesar 0.75%. Pengeluaran secara absolut pada kelompok masyarakat atas hampir tiga kali kelompok masyarakat bawah. Kelompok masyarakat atas mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5000,- dan kelompok masyarakat bawah mengeluarkan biaya sebesar Rp. 1800,-.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/139395
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A92yri.pdf
  Restricted Access
2.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.