Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/138478
Title: Analisis perdagangan udang Indonesia di pasar Eropa
Authors: Oktaviani, Rina
Hamdani, Andan
Issue Date: 2006
Publisher: IPB University
Abstract: Udang merupakan salah satu komoditi yang memiliki potensi pasar sangat besar. Oleh karena itu kelangsungan ekspor udang Indonesia harus terus ditingkatkan. Sesuai dengan yang telah dicanangkan oleh Departemen Kelautan dan Perikanan dalam Program Gerbang Mina Bahari, bahwa upaya peningkatan ekspor komoditi udang pada tahun 2006 ditargetkan sebesar 327.118 ton dengan nilai ekspor sebesar US$ 3,006 milyar. Untuk mewujudkan target tersebut maka perlu didukung oleh seluruh stakeholder industri udang dengan komitmen yang kuat dan saling bersinergi. Kegiatan revitalisasi perikanan juga lebih memfokuskan pada pengembangan ketiga jenis komoditi penting perikanan yang diantaranya adalah udang. Oleh karena itu, untuk memajukan industri udang nasional perlu didukung dengan upaya peningkatan pengembangan pasar ekspor untuk komoditi udang Berdasarkan data statistik Eurostat yang diacu oleh Departemen Kelautan dan Perikanan menunjukkan bahwa selama periode tahun 2000 hingga 2004 mencatat kenaikan volume impor udang Eropa yang berasal dari Indonesia dengan laju pertumbuhan rata-rata 23,80% per tahun. Walaupun saat ini volume impor udang Eropa dari Indonesia masih relatif kecil, namun jika dilihat dari tingkat perkembangannya yang cukup besar. Berdasarkan hal tersebut Indonesia dapat menjadi salah satu pemasok yang patut diperhitungkan oleh negara- negara pengekspor lainnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran ekspor udang Indonesia dan negara pesaing, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan udang di pasar Eropa dan faktor-faktor yang mempengaruhi harga udang di pasar Eropa. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan alat analisis Two Stages Least Squares (2SLS). Adapun model yang dirumuskan terdiri dari 13 persamaan struktural dan 2 persamaan identitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa model penawaran ekspor udang Indonesia dipengaruhi secara nyata oleh harga ekspor udang Indonesia di pasar Eropa, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, produksi udang Indonesia dan lag ekspor udang Indonesia ke Eropa. Penawaran ekspor udang Thailand ke Eropa dipengaruhi secara nyata oleh peubah nilai tukar bath terhadap dollar AS, harga ekspor udang Thailand ke Eropa dan lag ekspor udang Thailand ke Eropa. Sementara itu, penawaran ekspor udang China ke Eropa hanya dipengaruhi secara nyata oleh peubah jumlah produksi udang China. Penawaran ekspor udang India ke Eropa dipengaruhi secara nyata oleh peubah harga ekspor udang India ke Eropa, jumlah produksi udang India dan lag ekspor udang India ke Eropa...dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/138478
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A06aha.pdf
  Restricted Access
21.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.