Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/138360
Title: Strategi segmentasi produk makanan olahan beku dalam kemasan merek the home of good food
Authors: Hermawan, Aji
Sitanggang, Ariel
Issue Date: 2000
Publisher: IPB University
Abstract: Dengan semakin banyaknya pesaing yang masuk dalam industri makanan olahan beku dalam kemasan, dan semakin kompleksnya keinginan-keinginan konsumen, maka perusahaan perlu terus melakukan pemilihan strategi untuk memenangkan pasar. Persaingan telah mengubah perusahaan-perusahaan dalam melayani pasarnya. Hanya perusahaan yang berubahlah yang dapat terus bertahan. Perusahaan harus membuka matanya terhadap segmen-segmen yang baru terbentuk. Perusahaan harus mengubah cara pendekatannya, cara menangani pasarnya, atau bahkan segmen pasarnya dari waktu ke waktu. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah melakukan kajian mengenai perilaku konsumen makanan olahan beku dalam kemasan merek The Home Of Good Food, dan menyusun strategi segmentasi, targeting, dan positioning. Hasil survei wawancara dengan kuesioner terhadap 103 responden di tempat penjualan produk, yaitu pasar modern (pasar swalayan, supermarket, hypermarket, atau perkulakan) di lima wilayah DKI Jakarta, menunjukkan mayoritas responden makanan olahan beku dalam kemasan adalah wanita berusia antara 31 - 40 tahun (61.17%), berstatus sebagai ibu rumah tangga (49.51%), dengan tingkat pendidikan diploma (44.66%). Rata-rata penghasilan rumah tangga per bulan antara Rp 700.000 - Rp. 4.000.000 (54.37%), dan jumlah anggota rumah tangga 3-5 orang (56.31%). Untuk pembelian makanan olahan beku dalam kemasan merek The Home Of Good Food, responden umumnya mengenal dari melihat langsung di tempat penjualan produk (72.50 %), alasan membeli untuk pertama kali adalah ingin mencoba (64.00 %), alasan membeli satu kali atau tidak membelinya lagi adalah karena harganya mahal (100.00% dari 20 responden), dan alasan sering membeli adalah karena terbiasa atau sudah cocok (66.00%). Uji chi kuadrat menunjukkan hubungan yang signifikan antara usia dan penghasilan per bulan dengan frekuensi pembelian, usia dan penghasilan per bulan dengan merek yang biasa atau pernah dikonsumsi, usia dan penghasilan per bulan dengan respons terhadap pilihan merek The Home Of Good Food. Dari hasil pengelompokkan dengan menggunakan metode CHAID didapat 12 kelompok, dengan segmen pasar sasaran kelompok 10, 11, dan 12, yaitu kelompok dengan frekuensi pembelian rata-rata per bulan tergolong sering dengan empat kemasan atau lebih. Ketiga kelompok ini terdiri dari 23 orang (22.33%) dari total responden, dengan 17 orang (73.91%) yang biasa atau sering membeli produk merek The Home OF Good Food. Makanan olahan beku dalam kemasan merek The Home of Good Food, diposisikan sebagai makanan olahan beku bergengsi berharga mahal dengan bahan pilihan. Untuk tema promosi, positioning statement harus mampu menggambarkan dengan tepat suatu produk, mudah dimengerti, mudah dikembangkan, menarik perhatian, sesuai dengan target pasarnya dan mudah diingat. Penempatan produk harus ditunjang oleh semua elemen marketing mix yang ada baik produk, harga, saluran distribusi, dan komunikasi pemasaran.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/138360
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
F00ASI.pdf
  Restricted Access
14.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.