Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137939
Title: Nilai kepuasan pelanggan terhadap mutu pelayanan dan mutu produk di restoran cepat saji Mcdonald's cabang Bogor
Authors: Wirakusumah, Emma S
Yuliati, Lilik Noor
Sinaga, Sariani
Issue Date: 2003
Publisher: IPB University
Abstract: Tujuan umum penelitian ini adalah mengkaji nilai kepuasan pelanggan terhadap mutu pelayanan dan mutu produk di restoran cepat saji McDonald's, sedangkan tujuan khususnya adalah mengidentifikasi karakteristik pelanggan produk cepat saji di McDonald's, menganalisis kesesuaian antara tingkat kepentingan pada atribut-atribut komponen mutu pelayanan dan mutu produk menurut pelanggan dengan kinerja perusahaan, menduga hubungan penilaian kepuasan mutu pelayanan dan mutu produk dengan karakteristik pelanggan dan frekuensi kunjungan. Penelitian dilakukan di dua outlet restoran McDonald's Bogor yaitu McDonald's Pajajaran dan McDonald's Cimanggu. Pengumpulan data dilakukan selama sebulan dari bulan Agustus hingga September 2002, dengan desain penelitian Cross-Sectional. Contoh penelitian adalah pelanggan produk cepat saji di restoran McDonald's Bogor sebanyak 120 orang. Data primer berupa karakteristik pelanggan serta kinerja dan harapan pelanggan terhadap mutu pelayanan dan mutu produk. Data sekunder meliputi gambaran umum perusahaan. Pengolahan data dilakukan dengan membuat kategori pada peubah karakteristik contoh (jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, uang saku dan pekerjaan), frekuensi kunjungan serta tingkat kesesuaian kinerja dan harapan pelanggan (tingkat kepuasan). Untuk menjawab perumusan masalah mengenai sampai sejauhmana tingkat kepuasan pelanggan terhadap kinerja restoran cepat saji McDonald's, maka digunakan Importance-Performance Analysis (Martila dan James, 1997 dalam Supranto, 1997) atau Analisis Tingkat Kepentingan dan Kinerja atau Kepuasan Pelanggan. Untuk mengkaji hubungan antara tingkat kepuasan mutu pelayanan dan mutu produk dengan karakteristik pelanggan dan frekuensi kunjungan digunakan uji korelasi Spearman dan Chi-Square. Mayoritas contoh berjenis kelamin wanita (67,5%). Usia sebagian besar contoh (74,2%) adalah 19-45 tahun. Separuh contoh (50%) telah menempuh pendidikan SMA. Persentase tertinggi contoh (47,5%) yang mengkonsumsi produk di restoran McDonald's adalah mahasiswa atau pelajar. Mayoritas contoh (87,3%) berada pada kategori tingkat pendapatan Sedang yaitu berkisar antara 529.794- 3.411.634. Uang saku sebagian besar contoh (73,7%) berada pada kategori Sedang yaitu berkisar antara 202.271-612.115. Persentase tertinggi frekuensi kunjungan contoh (43,3%) berada pada frekuensi Sering (5 kali/bl-10 kali/bl). Tingkat kesesuaian pada atribut mutu pelayanan yang paling rendah (65,0%) adalah pada atribut kotak saran sedangkan tingkat kesesuaian paling tinggi (91,0%) adalah pada atribut pendingin (AC). Jika dibagi ke dalam 5 atribut mutu pelayanan, maka tingkat kesesuaian atribut mutu pelayanan yang paling tinggi yaitu pada atribut tangibles (84,3%) dan yang terendah adalah atribut empathy (65,8%). Tingkat kesesuaian atribut mutu produk paling rendah (68,14%) adalah dalam hal harga dan tingkat kesesuaian paling tinggi adalah pada atribut penampilan (87,0%).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137939
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
A03ssi.pdf
  Restricted Access
15.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.