Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137911
Title: Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kenakalan pelajar : Sekolah Menegah Kejuruan Teknik Industri (SMK-TI) di kota Bogor
Authors: Puspitawati, Herien
Sunarti, Euis
Widiana, Susanti
Issue Date: 2002
Publisher: IPB University
Abstract: Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi dengan kenakalan remaja. Tujuan khususnya adalah untuk: 1). Mengidentifikasi karakteritik pribadi contoh (umur, jenis kelamin, jumlah penerimaan uang jajan/bulan, urutan anak dalam keluarga, keorganisasian siswa, keterikatan dengan teman/peer group, sikap tanggap, dan kepercayaan diri), 2). Mengidentifikasi karakteristik keluarga contoh (umur orang tua, pendidikan orang tua, jenis pekerjaan orang tua, pendapatan keluarga/bulan, jumlah tanggungan orang tua, kebersamaan dengan orang tua), 3). Mengidentifikasi jenis dan tingkat kenakalan remaja (kenakalan umum dan kenakalań kriminal), 4). Mengidentifikasi kecerdasan emosional pelajar (mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, dan seni membina hubungan), 5). Menganalisis perbedaan kecerdasan emosional dan kenakalan pelajar antara pengurus OSIS dan anggota OSIS, 6). Menganalisis hubungan kecerdasan emosional dan kenakalan pelajar, dan 7). Menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap kenakalan remaja. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bogor yang diikuti 15 SMK-TI yaitu SMK Negri II, Yayasan Pendidikan Islam (Yapis), Bina Warga I, Taruna Bangsa, YZA II, Bina Sejahtera, Bharatama, PGRI II, Bhakti Taruna, Tri Dharma I, Karya Nugraha, YATEK Baru, YKTB I, YZA III, Mekanika. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 2-5 November 2001 di Pondok Pesantren Al-Umm JI. Wangun Desa Sindangsari Ciawi Bogor, tempat pelaksanaan Pesantren Kilat Kotamadya Bogor, Propinsi Jawa Barat. Contoh yang diambil sebanyak 91 Responden yaitu kelompok responden yang memiliki kelengkapan dalam mengisi setiap pertanyaan yang diajukan berdasarkan kuisioner tertulis. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari identitas responden (umur, jenis kelamin, nomor urut dalam keluarga), karakteristik keluarga responden (umur orang tua, pekerjaan orang tua, pendapatan/kapita keluarga), kecerdasan emosi, kenakalan remaja. Data sekunder berupa keadaan umum sekolah di peroleh dari kantor pemerintah setempat dan SMK-TI yang bersangkutan. Data primer yang terkumpul diuji secara statistik untuk mengetahui hubungan antar variabel digunakan korelasi Rank Spearman. Selanjutnya dilakukan uji lanjut terhadap variabel-variabel yang mempunyai hubungan, dengan menggunakan uji regresi linear untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kenakalan remaja. holione
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137911
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
A02swi.pdf
  Restricted Access
20.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.