Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137891
Title: Analisis preferensi konsumen dan ilmplikasinya terhadap strategi pemasaran produk mi instan merek "Salam Mie"
Authors: Harmini
Fitrahdini
Issue Date: 2004
Publisher: IPB University
Abstract: Industri mi instan di Indonesia hingga saat ini didominasi oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dengan pangsa pasar 85,1 persen sehingga berperan sebagai pemimpin pasar. Sisanya sekitar 14,9 persen diperebutkan oleh produsen-produsen pengikut pasar yang salah satunya adalah PT. Sentrafood Indonusa. PT. Sentrafood Indonusa memproduksi mi instan dengan merek "Salam Mie dan hingga kini hanya mempunyai pangsa pasar 1,4 persen. Diantara para pengikut pasar pun PT. Sentrafood Indonusa hanya menempati urutan kelima dan nilai penjualannya pun fluktuatif. Hal tersebut menjadi pertanyaan bagi pihak produsen apakah dengan kondisi tersebut produk Salam Mie sebenarnya dapat diterima oleh konsumen atau tidak. Oleh karena itu perusahaan memerlukan studi preferensi atau sikap konsumen yang dapat menjawab pertanyaan tersebut dalam rangka membantu perusahaan dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat. Namun sehubungan dengan kondisi persaingan industri yang semakin tinggi serta adanya keunikan yaitu dominasi PT. Indofood, strategi pemasaran yang disusun akan lebih lengkap apabila disusun juga berdasarkan analisis persaingan industri mi instan yang dapat mengetahui intensitas persaingan industri dan kekuatan persaingan apa yang harus diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran. Secara lebih lanjut, dikarenakan bermunculannya produsen baru maupun produsen lama dengan produk baru yang memiliki berbagai strategi harga rendah maupun premium, pengetahuan akan kisaran harga yang dapat diterima oleh konsumen perlu diketahui dimana hal tersebut juga akan membantu perusahaan dalam menyusun strategi pemasaran. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis intensitas persaingan dan kekuatan persaingan yang paling berpengaruh di dalam industri mi instan di Indonesia (2) Menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut produk mi instan "Salam Mie" (3) Menganalisis kisaran harga mi instan yang dapat diterima konsumen "Salam Mie" (4) Menyusun strategi pemasaran yang tepat bagi mi instan "Salam Mie". Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer berupa wawancara langsung dengan 100 konsumen serta beberapa pihak eksternal maupun internal perusahaan. Data sekunder berasal dari studi pustaka. Alat analisis yang digunakan adalah Lima Kekuatan Bersaing Porter, Model Multiatribut Fishbein, Importance and Performance Analysis, serta analsis sensitivitas harga...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137891
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A04fit1.pdf
  Restricted Access
32.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.