Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137571
Title: Kajian koagulasi air sungai Cihideung di Kampus IPB Darmaga dengan menggunakan alum dan poly aluminium chloride (PAC)
Other Titles: tudy On Coagulation Of Cihideung River Water At Kampus IPB Darmaga By Using Alum And Poly Aluminium Chloride (PAC).
Authors: Hartoto, Liesbetini
Romli, Muhammad
Indriani, Rani
Issue Date: 2002
Publisher: IPB University
Abstract: Sungai merupakan salah satu sumber penting air pada berbagai sektor kehidupan makhluk hidup. Pada saat ini dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, kebiasaan buruk manusia, dan pembuangan limbah yang tidak terkendali menyebabkan sungai menjadi tercemar. Zat pencemar digolongkan menjadi zat pencemar yang mengapung (floating pollutant), zat pencemar yang melayang (suspended pollutant), dan zat pencemar yang larut (dissolved pollutant). Pemanfaatan air sungai tersebut untuk berbagai kebutuhan memerlukan pengolahan sehingga diperoleh air bersih. Salah satu tahapan pengolahan air adalah koagulasi dan flokulasi. Koagulasi dan flokulasi bertujuan untuk mengendapkan padatan yang secara normal tidak dapat mengendap, dengan cara menetralkan muatan negatif partikel koloid oleh muatan positif koagulan anorganik menjadi partikel netral (flok). Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan antara ragam konsentrasi koagulan anorganik alum padat dan Poly Aluminium Chloride (PAC) padat dengan pH, warna, dan kekeruhan air sungai dengan menggunakan jar test. Percobaan menggunakan dua sampel air sungai Cihideung dengan tingkat warna dan kekeruhan yang berbeda. Tahapan pengolahan air adalah sebagai berikut: penambahan koagulan pada satu liter air sungai, koagulasi (pengadukan cepat 150 rpm selama 1 menit), flokulasi (pengadukan lambat 45 rpm selama 15 menit), dan pengendapan flok selama 30 menit. Pengukuran yang dilakukan terhadap air sungai hasil jar test meliputi pH, warna, dan kekeruhan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137571
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
F02rin.pdf
  Restricted Access
14.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.