Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137538
Title: Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pembelian produk:kasus di PT.Mahkotadewa Indonesia
Authors: Winandi, Ratna
Horison, Renato
Issue Date: 2006
Publisher: IPB University
Abstract: ini telah menduduki peringkat kelima penyebab kematian, padahal dekade sebelumnya penyakit kanker ini hanya menduduki di peringkat sembilan. Data survei kesehatan rumah tangga (SKRT) juga memberikan keterangan bahwa di Indonesia jumlah penderita kanker mengalami peningkatan yang cukup besar pada setiap tahunnya, contoh pada tahun 1981 penderita kanker sekitar 3,4 persen dan mengalami peningkatan kuantitas pada tahun 2001 yang telah mencapai enam persen. PT Mahkotadewa Indonesia (MDI) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang tanaman obat dengan bahan baku utama produknya berasal dari tanaman mahkota dewa yang digunakan dalam pengobatan tradisional untuk penyembuhan kanker. Berdasarkan data yang didapatkan dari perusahaan, penjualan produk PT MDI ini mengalami penurunan secara linear. Penjualan produk PT MDI mencapai Rp 748.905.634 pada bulan Mei 2005 dan terjadi penurunan pada bulan-bulan berikutnya hingga bulan April 2006 penjualan PT MDI hanya mencapai Rp 461.636.225, sebagai titik terendah hasil penjualan PT MDI dan besar penurunan penjualan yang dialami oleh PT MDI pada bulan April 2006 dibandingkan dengan penjualan bulan Mei 2005 sebesar 38,37 persen. Untuk dapat kembali meningkatkan penjualannya secara berkesinambungan dan dapat bertahan di pasar obat tradisional, strategi pemasaran perlu dirumuskan kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan keluarga, persepsi konsumen, dan pengetahuan produk terhadap frekuensi pembelian produk PT MDI dan merumuskan strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini dilaksanakan di dua Klinik Herbal Ning Harmanto, yaitu Klinik Soka dan Klinik Mal Ambasador. Pemilihan klinik herbal ini dilakukan secara sengaja (purposive) berdasarkan pertimbangan banyaknya konsumen yang membeli produk mahkota dewa untuk terapi kanker dan kesediaan dari pihak manajemen untuk dijadikan tempat penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer melalui kuesioner, wawancara, dan pengamatan langsung di lapang. Data sekunder diperoleh dari buku-buku yang memuat teori-teori dan literatur lain yang relevan dengan penelitian. Metode pengambilan responden adalah judgmental sebanyak 30 responden. Pengolahan data menggunakan pengujian chi-square dan analisis deskriptif. Pengujian chi- square menggunakan bantuan komputer, yaitu menggunakan program MINITAB 14. PT MDI didirikan untuk menunjang semua kegiatan dan layanan klinik tradisional mahkota dewa. Misi PT MDI yaitu memberikan pelayanan yang terbaik di bidang pengobatan alternatif. Visi dari PT MDI adalah menjadi perusahaan yang terkemuka dalam penyediaan produk obat dari tanaman obat Indonesia yang berkualitas. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137538
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A06rho.pdf
  Restricted Access
14.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.