Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137405
Title: Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Konsumen yang Berdampak pada Revisit Intention ke Taman Mini Indonesia Indah
Other Titles: Factors that Influence Consumer Satisfaction which Impact Revisit Intention to Taman Mini Indonesia Indah
Authors: Hubeis, Musa
Nurhayati, Popong
Satria, Muhammad Rachmadi
Issue Date: 20-Jan-2024
Publisher: IPB University
Abstract: Wisata merupakan kebutuhan setiap lapisan masyarakat, khususnya bagi masyarakat DKI Jakarta yang merupakan provinsi dengan kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia (BPS 2023). TMII merupakan salah satu objek wisata yang menunjukkan penurunan penyerapan jumlah kunjungan sebesar 73% dibandingkan destinasi wisata lain di DKI Jakarta pada tahun 2019-2022 (BPS 2023). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen yang berdampak pada revisit intenton ke TMII. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara semi terstruktur dan kuesioner yang diajukan kepada konsumen yang sedang berada di TMII dengan metode purposive sampling, serta data sekunder diperoleh dari studi literatur, dan sumber-sumber relevan lainnya. Pengolahan data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan SEM- PLS. Dari analisis tersebut diperoleh hasil bahwa daya tarik wisata, mutu pelayanan, dan customer experience masing-masing berpengaruh nyata dan positif terhadap kepuasan konsumen, dan mutu pelayanan, customer experience, serta kepuasan konsumen masing-masing berpengaruh nyata dan positif terhadap revisit intention ke TMII.
Tourism is a need for every level of society, especially for the people of DKI Jakarta, which is the province with the highest population density in Indonesia (BPS 2023). TMII is one of the tourist attractions that shows a 73% decrease in the number of visits compared to other tourist destinations in DKI Jakarta in 2019-2022 (BPS 2023). This research aims to determine the factors that influence consumer satisfaction which has an impact on revisit intention to TMII. The types of data used in this research are primary and secondary data. Primary data was obtained from the results of semi-structured interviews and questionnaires submitted to consumers who were at TMII using a purposive sampling method, as well as secondary data obtained from literature studies and other relevant sources. This research data processing uses descriptive analysis and SEM-PLS. From this analysis, the results obtained show that tourist attraction, service quality and customer experience each have a real and positive effect on consumer satisfaction, and service quality, customer experience and consumer satisfaction each have a real and positive effect on revisit intention to TMII.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137405
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Muhammad Rachmadi Satria_K1501201007_Cover, Ringkasan, Daftar isi dll.pdf
  Restricted Access
Cover795.22 kBAdobe PDFView/Open
Muhammad Rachmadi Satria_K1501201007_Full Tesis.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.