Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137121
Title: Analisis kelayakan finansial usahatani sayuran organik CV. Civamas, Bogor
Authors: Harmini
Fachri, Indryasari
Issue Date: 2006
Publisher: IPB University
Abstract: Kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dengan slogan back to nature kian meningkat. Permintaan atas produk-produk pertanian organik (tanpa menggunakan bahan-bahan kimia) melonjak selama beberapa bulan terakhir. Produk-produk pertanian organik yang permintaannya sedang tinggi adalah sayuran, beras, buah-buahan, rempah- rempah, kopi, dan teh. Tingginya permintaan produk-produk itu, terutama dari kota besar Jakarta dan Bandung, umumnya dari pasar modern atau pasar swalayan. Produk organik mengklaim bebas pestisida, pupuk kimia, hormon pertumbuhan, dan benih transgenik. Sayuran organik sangat mudah dikenali dari sayuran yang menggunakan pestisida yaitu penampakan sayuran organik yang tidak terlalu mulus Usaha di bidang sayuran organik sangat potensial dan diperkirakan akan semakin berkembang. Tingkat permintaan sayuran organik dan adanya program pemerintah "Go Organik 2010" menunjukkan peluang pasar yang cukup besar. Oleh karena itu peneliti memilih sayuran organik sebagai komoditi penelitian. CV GIVANAMAS merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi sayuran organik. Jenis sayuran organik yang diproduksi adalah Bayam Merah, Bayam Hijau, Kangkung, Pakcoy, Kailan, dan Caisin. Adanya permintaan yang belum dapat dipenuhi menyebabkan pemilik CV GIVANAMAS berkeinginan untuk memperluas pasar. Dengan perluasan pasar diharapkan pemilik dapat menambah keuntungan yang lebih besar dari usaha sayuran organik ini. Adanya perluasan pasar tentu akan meningkatkan permintaan akan sayuran organik yang hanya dapat terpenuhi melalui peningkatan produksi. Kapasitas yang dimiliki oleh CV GIVANAMAS tidak mencukupi untuk dilakukannya peningkatan produksi tersebut, sehingga CV GIVANAMAS mempunyai rencana untuk melakukan peningkatan produksi melalui beberapa pilihan alternatif. Alternatif-alternatif yang direncanakan oleh CV GIVANAMAS untuk memenuhi kebutuhan produksi yang baru adalah membuka lahan baru, menambah jumlah mitra, dan bekerjasama dengan mitra untuk membuka lahan baru. Alternatif ini dipilih berdasarkan rencana yang dapat dijalankan oleh pemilik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran aspek pemasaran, aspek sosial dan aspek manajemen CV GIVANAMAS, mengidentifikasi alternatif yang terbaik yang dapat dilakukan untuk mendukung rencana perluasan pasar oleh CV GIVANAMAS dilihat dari aspek finansial, dan mengkaji nilai pengganti dari alternatif yang terbaik akibat adanya perubahan pada manfaat dan biaya. Berdasarkan hasil perhitungan analisis kelayakan rencana pengembangan usaha sayuran organik dengan tingkat diskonto 10 persen menunjukkan bahwa alternatif-alternatif perluasan usaha sayuran organik layak untuk dilaksanakan. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137121
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A06ifa.pdf
  Restricted Access
12.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.