Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137074
Title: Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan biodesel dan implikasi pada strategi pemasaran
Authors: Daryanto, Heny K.
Amriza, Renaldi
Issue Date: 2005
Publisher: IPB University
Abstract: Bahan bakar merupakan produk yang umum digunakan oleh konsumen untuk menjalankan aktiftas sehari-hari mereka. Bahan bakar yang umum digunakan di Indonesia saat ini adalah bersumber dari minyak bumi. Semakin besarnya konsumsi bahan bakar menyebabkan kondisi cadangan minyak bumi yang semakin menipis serta ketidakmampuan kilang minyak dalam negeri untuk memasok kebutuhan bahan bakar yang pada akhirnya Indonesia menjadi net importer minyak bumi dari negara lain. Kondisi tersebut mengharuskan Indonesia untuk dapat mengembangkan sumber energi alternatif terbarukan untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar saat ini. Negara-negara maju seperti Amerika, Jerman, Jepang, dan negara berkembang seperti Malaysia belakangan ini telah menggunakan bahan bakar yang berasal dari komoditi perkebunan yang bersifat dapat diperbaharui seperti CPO, jarak pagar, kelapa, dan komoditi perkebunan lain. Bahan bakar ini dikenal dengan nama Biodiesel (Soerawidjaja, 2004) Biodiesel merupakan sumber energi alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar khususnya solar. Konsumsi minyak solar Indonesia mencapai 23 juta kilo liter per tahun dan sebagian dari jumlah tersebut adalah hasil impor yang menyebabkan Indonesia telah menjadi net-importer minyak. Jika dilihat dari bahan baku asalnya, Indonesia merupakan negara yang berpotensi untuk mengembangkan biodiesel mengingat Indonesia adalah negara penghasil CPO terbesar kedua di dunia setelah Malaysia serta diprediksi pada tahun 2010 produksi CPO Indonesia bisa mencapai lebih dari 10 juta Ton melebihi Malaysia yang salah satunya disebabkan karena meningkatnya luas areal penanaman kelapa sawit yang pada tahun 2010 diperkirakan mencapai lebih dari 4,5 juta Ha. Salah satu permasalahan dalam mengembangkan biodiesel antara lain adalah dari sudut pandang konsumen. Biodiesel harus bersaing dengan produk yang sudah mapan dimata konsumen yaitu solar. Untuk itu, produsen perlu untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan konsumen mau beralih menggunakan biodiesel serta memproduksi biodiesel sesuai dengan harapan konsumen tersebut agar biodiesel mampu bersaing ketika dipasarkan secara komersil kepada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor-faktor apa yang berpengaruh dalam keputusan konsumen untuk beralih menggunakan biodiesel sebagai alternatif pengganti. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik calon konsumen biodiesel yaitu konsumen yang menggunakan solar sebagai bahan bakar kendaraan serta merumuskan bagaimana strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk memasarkan biodiesel tersebut dengan melihat faktor-faktor yang berpengaruh nyata mempengaruhi keputusan konsumen yang menggunakan solar untuk beralih menggunakan biodiesel. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Februari 2005 hingga bulan Juni 2005. Lokasi penelitian adalah wilayah DKI Jakarta yang dipilih secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa DKI Jakarta sebagai ibu kota..dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137074
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A05ram1.pdf
  Restricted Access
77.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.