Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136899
Title: Analisis efektivitas manajemen piutang : kasus : usaha grosir keliling Arnindo, Jalan Cihideung Ilir, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Authors: Purwanto, Budi
Kusmiati, Renni
Issue Date: 2006
Publisher: IPB University
Abstract: Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam perekonomian Indonesia pada dasarnya sudah memiliki peranan yang besar sejak dulu. Sejak krisis ekonomi melanda Indonesia, peranan UKM meningkat dengan tajam. Data dari Biro Pusat Statistik menunjukkan bahwa pada tahun 2004 terdapat sekitar 43,34 juta unit UKM yang mewakili 99 persen dari total unit usaha di Indonesia. Pada tahun yang sama, jumlah tenaga kerja yang terserap oleh sektor ini mencapai 79,06 juta pekerja atau mendekati 99 persen dari total angkatan kerja yang bekerja. Sektor usaha perdagangan sangat mengandalkan distribusi dalam mengelola persediaan barangnya. Pedagang besar atau grosir termasuk salah satu rantai distribusi barang sebelum sampai ke konsumen akhir. Kendala yang dihadapi oleh usaha grosir sekarang terutama di kota-kota besar adalah banyaknya waktu yang harus digunakan oleh konsumen untuk berbelanja di grosir yang disebabkan jalan yang macet, banyaknya produk yang harus dibeli serta banyaknya kendala teknis. Fenomena grosir mengalami perubahan untuk memberi pelayanan kepada pelanggan yang berada di luar area dimana grosir itu beroperasi sehngga muncul konsep usaha grosir keliling yang secara aktif menawarkan produk-produk kepada pedagang eceran atau ritel dengan sistem penjualan tunai maupun kredit. Dari penjualan kredit tersebut secara langsung akan menimbulkan piutang bagi perusahaan. Piutang akan mengalami penumpukan pada pelanggan ketika kebijakan penagihan yang diterapkan sangat longgar. Hal ini terjadi pada Usaha Grosir Keliling ARNINDO. Kesulitan akan kebutuhan uang tunai (cash flow), masalah dalam kebijakan pengumpulan piutang dan lamanya pembayaran hutang ke pemasok sedang dialami oleh ARNINDO karena penerapan manajemen piutang yang lunak terhadap pelanggannya. Akibatnya terjadi penumpukan piutang sehingga akan berpengaruh terhadap keuntungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya piutang usaha grosir keliling ARNINDO, mengetahui kinerja piutang Usaha Grosir Keliling ARNINDO. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui jumlah piutang pelanggan yang tergolong piutang lancar, agak kurang lancar, kurang lancar, tidak lancar dan macet...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136899
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A06rku.pdf
  Restricted Access
19.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.