Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136871
Title: Kebiasaan menonton TV dan iklan serta hubungannya dengan konsumsi minuman ringan pada siswa SMU Negeri I Bogor
Authors: Hardinsyah
Sumarwan, Ujang
Hayati, Eva
Issue Date: 1999
Publisher: IPB University
Abstract: Secara umum penelitian ini bertujuan mengetahui kebiasaan menonton TV dan iklan serta hubungannya dengan konsumsi minuman ringan yang diiklankan di TV. Penelitian dilakukan di SMUN 1 Bogor, Kotamadya Bogor, Jawa Barat, pada bulan April 1999 dengan jumlah contoh 298 siswa dari kelas 1 dan kelas 2. Jenis data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner meliputi karakteristik dan sosial ekonomi contoh, kebiasaan menonton TV, tingkat kesukaan iklan, produk minuman ringan yang ditayangkan di TV, faktor yang mempengaruhi konsumsi minuman ringan, situasi dan alasan mengkonsumsi minuman ringan, sedangkan jenis minuman ringan yang diiklankan di TV dilakukan dengan pengamatan/pencatatan. Data sekunder yang dikumpulkan adalah keadaan umum sekolah. Tingkat kesukaan contoh terhadap iklan dan produk minuman ringan dikelompokkan pada suka diberi skor 3, biasa diberi skor 2 dan tidak suka diberi skor 1. Hubungan tingkat kesukaan iklan dan produk minuman ringan (rasa, warna. aroma dan kemasan) dengan konsumsi dianalisis dengan korelasi Spearman. Sedangkan pengaruh uang jajan, lama menonton TV, tingkat kesukaan iklan dan produk minuman ringan dengan konsumsi dianalisis dengan Regresi Linier Berganda. Perbedaan konsumsi minuman ringan antara laki-laki dan perempuan dianalisis menggunakan uji-t (Steel & Torrie, 1995). Program yang digunakan dalam pengolahan data adalah Excel, SPSS dan Minitab.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136871
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
C99eha.pdf
  Restricted Access
14.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.