Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136841
Title: Analisis kepuasan konsumen terhadap bauran pemasaran produk sirup tjampolay di Kotmadya Cirebon
Authors: Putri, Eka Intan Kumala
Wibowo, Dwi Irfan
Issue Date: 2005
Publisher: IPB University
Abstract: Sirup adalah salah satu komoditi yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sirup sering disajikan sebagai salah satu alternatif pilihan minuman untuk kehidupan sehari- hari terutama dalam hal penyajian minuman untuk tamu, apalagi didorong dengan adanya perayaan hari besar keagamaan yang cukup marak di Indonesia seperti Idul Fitri, Natal, dan lain-lain, yang ditandai dengan silahturahmi diantara sesama kerabat. Indonesia dengan jumlah penduduk yang menempati posisi ke empat jumlah populasi terbesar di dunia, mempunyai data pertumbuhan rata-rata konsumsi minuman sirup per tahun adalah sebesar 18 persen, Hal ini merupakan angka yang sangat besar apabila dibandingkan dengan pertumbuhan rata-rata konsumsi minuman secara keseluruhan yaitu sebesar 31 persen pertahun, yang tentunya hal ini dibayangi dengan persaingan yang cukup ketat antar produsen sirup. Tingginya pangsa pasar sirup menyebabkan perkembangan industri sirup semakin berkembang, sehingga perusahaan dituntut harus selalu mengevaluasi dan mematangkan strategi pemasaran yang dijalankannya. Keberadaan sirup Tjampolay ternyata tidak dikenal oleh masyarakat luas yang berada di luar kota Cirebon, bahkan nama Tjampolay hampir tidak pernah didengar oleh masyarakat di luar Kota Cirebon. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya saluran promosi yang khusus seperti sirup-sirup yang lain yang sudah beredar di pasaran, dan belum adanya saluran distribusi yang tepat sehingga sangat sulit diketahui keberadaannya oleh masyarakat luas. Adapun proses pengenalan masyarakat terhadap produk ini bersumber dari informasi- informasi konsumen yang telah mengkonsumsi dan yang telah mengetahui produk ini sebelumnya, sedangkan keberadaannya hanya tersedia di tempat-tempat dan kota-kota tertentu seperti supermarket maupun pasar tradisional di kota Cirebon. Setiap bulannya trend volume produksi sirup Tjampolay berfluktuasi. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan sirup Tjampolay masih membutuhkan suatu strategi pemasaran yang tangguh supaya tidak tersingkir dari para pesaingnya. Bila dilihat dari jumlah permintaan konsumsi sirup mengindikasikan bahwa masih ada peluang untuk meningkatkan volume produksi lagi perusahaan sirup Tjampolay. Berdasarkan latar belakang dan permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya, penelitian ini bertujuan untuk:(a) Mengkaji karakteristik konsumen sirup Tjampolay, (b) Menganalisis proses pengambilan keputusan yang dilakukan konsumen dalam membeli produk sirup Tjampolay, dan (c) Menganalisis kepuasan konsumen terhadap bauran pemasaran produk sirup Tjampolay di Kotamadya Cirebon.Hasil Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk (a) Perusahaan sebagai bahan informasi dan pertimbangan dalam merancang strategi bauran pemasaran dan untuk pengembangan produk Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive. Populasi penelitian adalah keseluruhan pengunjung di lima supermarket berbeda yaitu Asia Toserba, Surya Toserba, Yogya Toserba, Yogya Grand Center, Alfa Gudang Rabat. Penentuan populasi penelitian dilakukan secara purposive dan setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih menjadi contoh. Penelitian ini mengambil contoh sebanyak 100 responden. Pemilihan dan penentuan contoh berdasarkan kesediannya untuk memberikan penilaiannya melalui kuesioner yang telah disediakan pada saat berkunjung di supermarket tersebut...dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136841
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A05diw.pdf
  Restricted Access
64.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.