Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136806
Title: Rancangan strategi pemasaran produk minuman sari buah mengkudu (Morinda citrifolia) merek Amornonie : Studi kasus di PT Agrotek Morindatama, Bogor
Authors: Herlina, Lien
Putra, Ferdian Indra
Issue Date: 2002
Publisher: IPB University
Abstract: Buah mengkudu adalah salah satu jenis buah-buahan tropis yang saat ini sedang digalakkan untuk dikembangkan. Buah mengkudu ini terkenal sebagai buah yang banyak memiliki khasiat atau bermanfaat bagi kesehatan. Di Indonesia, industri minuman sari buah mengkudu mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan dan industri rumah tangga. PT. Agrotek Morindatama adalah salah satu perusahaan yang memproduksi minuman sari buah mengkudu yang berlokasi di Bogor dengan merek AMORNONIE. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan profil produk minuman sari buah mengkudu merek Amornonie, mengkaji profil konsumen minuman sari buah mengkudu, dan menyusun alternatif strategi pemasaran dalam upaya membangun brand awareness minuman sari buah mengkudu merek AMORNONIE. Wilayah survei dibatasi di daerah Kotamadya Bogor yang merupakan salah satu daerah pemasaran produk AMORNONIE. Responden yang menjadi objek penelitian adalah konsumen yang pernah dan yang belum mengkonsumsi minuman sari buah mengkudu Hasil penyebaran kuesioner yang ditujukan kepada responden yang belum mengkonsumsi menunjukkan bahwa alasan terbanyak mereka yang tidak mengkonsumsi adalah karena tidak mengetahui keberadaan minuman sari buah mengkudu yang dijual dipasaran (36%). Pengetahuan mereka terhadap khasiat yang dimiliki oleh mengkudu telah cukup memadai dan mereka menilai bahwa minuman sari buah mengkudu memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Cukup banyak responden yang berminat untuk membelinya (77%). Hasil penelitian terhadap konsumen menunjukkan bahwa kebanyakan responden yang mengkonsumsi minuman sari buah mengkudu adalah mereka yang telah berumur atau berusia lanjut. Konsumen minuman sari buah mengkudu lebih cenderung untuk tidak berganti merek pada pembelian berikutnya. Dari lima kriteria (khasiat, harga, merek, rasa dan kemasan) yang menjadi pertimbangan utama konsumen dalam keputusan pembelian minuman sari buah mengkudu adalah khasiat. Sebagian besar responden memiliki gangguan kesehatan dan hampir semuanya telah merasakan khasiat dari minuman sari buah mengkudu. Kebanyakan responden membeli dari agen atau sales (61,2 %). Minuman sari buah mengkudu merek AMORNONIE ternyata belum begitu dikenal oleh masyarakat Bogor. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136806
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
F02fip.pdf
  Restricted Access
12.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.