Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136646
Title: Analisis penetapan harga pokok pasta ubi jalar, Ipomoea batata L. kaitannya dengan perencanaan laba jangka pendek perusahaan : kasus:PT.Galih Estetika di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Authors: Firmansyah, Iman
Lestari, Hesthy Noer'ika
Issue Date: 2006
Publisher: IPB University
Abstract: Pembangunan di sektor pertanian memiliki peran yang sangat besar dalam perekonomian Indonesia. Pembangunan pertanian adalah suatu bagian integral dari pembangunan nasional dengan tujuan meningkatkan produktivitas usahatani dan nilai tambah komoditi pertanian. Sejak tahun 1999 terjadinya pergeseran struktur perekonomian Indonesia, yaitu dari sektor pertanian menjadi sektor industri pertanian dan olahan serta diberlakukannya otonomi daerah yang mulai dilaksanakan secara bertahap sejak tahun 2001, telah mendorong daerah-daerah termasuk Kabupaten Kuningan untuk dapat mengembangkan potensi alam dan komoditas unggulannya secara optimal. Kabupaten Kuningan memiliki komoditas unggulan ubi jalar sehingga ini akan menjadi peluang bagi agroindustri yang bergerak dalam pengolahan ubi jalar untuk diusahakan di kabupaten tersebut. PT. Galih Estetika adalah perusahaan yang memanfaatkan peluang tersebut dan merupakan perusahaan terbesar di Kabupaten Kuningan karena selain di dukung oleh faktor alam berupa bahan baku yang tersedia juga di dukung oleh faktor modal dan tenaga kerja yang besar (Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kuningan, 2005). Seiring berjalannya waktu maka tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan yang memanfaatkan peluang tersebut akan semakin banyak sehingga hal ini akan menyebabkan terjadinya persaingan. Dalam menghadapi persaingan, manajemen dituntut untuk mengolah perusahaan secara efektif dan efisien agar perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidup dan berkembang dengan sehat. Untuk menghadapi persaingan tersebut salah satu hal yang berpengaruh adalah biaya produksi dan harga pokok produksi karena harga pokok ini digunakan dalam menentukan harga jual. Pada tahun 2004 harga jual rata-rata pasta ubi jalar PT. Galih Estetika per kilogram adalah US$ 1.5, sedangkan harga jual rata-rata di pasar adalah sebesar USS 1.3/kg (PT. Galih Estetika, 2006). Hal ini memberikan dampak pada pesanan yang diterima perusahaan pada tahun 2005. Perusahaan akan mempertahankan harga yang telah ditetapkan walaupun harga dipasaran lebih rendah sehingga tidak jarang perusahaan kehilangan pesanan atas pasta ubi jalar. Penurunan pesanan yang dialami perusahaan pada tahun 2005 yaitu sebesar 6.664 kg atau sebesar 0,4 persen. Walaupun persentase penurunan tersebut relatif kecil jika dibandingkan dengan total pesanan yang diterima perusahaan pada tahun 2005 tetapi ini sangat meresahkan perusahaan. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136646
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A06hnl.pdf
  Restricted Access
25.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.