Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136629
Title: Analisis perilaku konsumen dan kualitas pelayanan kafe Corica : studi kasus:Corica Automali, Plaza Indonesia dan Jl. Sampit V, Jakarta
Authors: Limbong, W.H.
Soumokil, Ingride Elizabeth
Issue Date: 2005
Publisher: IPB University
Abstract: Dilindung orang mengutip sebagian atau seluruh kary Gaya hidup masyarakat Indonesia terutama di kota-kota besar telah banyak mengalami perubahan, salah satunya disebabkan oleh adanya globalisasi. Masyarakat di kota-kota besar dengan aktivitas yang padat memilih menghabiskan waktu, uang dan perhatian yang menjadi cermin gaya hidup mereka dengan menikmati makanan dan minuman diluar rumah seperti di restoran atau di kafe ternama yang memiliki brand image di mata masyarakat. Pemenuhan kebutuhan pangan ini dilakukan baik atas dasar efisiensi waktu maupun hanya sekedar untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Saat ini sebagian masyarakat ibukota memanfaatkan restoran atau kafe sebagai tempat bersosialisasi dengan relasi bisnis. Fenomena ini didukung pula dengan adanya perbaikan di sektor ekonomi yang kemudian diikuti oleh peningkatan pendapatan penduduk per kapita yang pada akhirnya mendorong masyarakat untuk lebih banyak mengonsumsi barang dan jasa yang cenderung berorientasi pada kesenangan. Hal ini terbukti dengan pertumbuhan jumlah restoran di DKI Jakarta yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Hingga tahun 2003, Dinas Pariwisata DKI Jakarta mencatat terdapat 1343 restoran.yang tersebar di DKI Jakarta dan menurut Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) 300 diantaranya adalah kafe. Corica merupakan salah satu industri jasa boga dibawah PT. Corica Pastries Indonesia yang menawarkan produknya dalam konsep kafe. Berdasarkan sensus penduduk tahun 2000 jumlah penduduk DKI Jakarta mencapai 8.347.080 jiwa dan menurut Badan Pusat Statistik hingga tahun 2003 jumlah penduduk DKI Jakarta mencapai 8.763.700 jiwa. Jumlah ini akan menciptakan keragaman karakteristik dalam masyarakat yang akan mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian dan pada akhirnya menciptakan persepsi tentang rasa puas atau tidak puas terhadap produk atau jasa yang telah dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi karakteristik umum Corica (2) Menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen Corica (3) Menganalisis fakor-faktor yang mempengaruhi proses pengambilan kepeutusan pembelian; dan (4) Menganalisis tingkat kinerja Corica berdasarkan kepentingan atau harapan konsumen. Penelitian ini dilakukan di kafe Corica yang berlokasi di Jakarta. Tempat penelitian ini ditentukan secara sengaja (purposive) dan merupakan studi kasus pada outlet Corica yang berada di Automall, Plaza Indonesia dan Jl. Sampit V, Jakarta. Pengambilan sampel penelitian dilakukan pada bulan Desember 2004 hingga Januari 2005 dengan cara non-probability (non acak) dengan metode convinience sampling yaitu konsumen yang sedang berkunjung ke kafe Corica dan bersedia memberikan waktunya untuk diwawancarai. Instrumen penelitian ...dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136629
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A05ies.pdf
  Restricted Access
78.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.