Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136483
Title: Dampak iklan televisi terhadap sikap konsumtif ibu rumah tangga masyarakat adat : Kasus Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat
Authors: Sadono, Dwi
Zulbeatri, Fetry
Issue Date: 2006
Publisher: IPB University
Abstract: Televisi sebagai media yang memiliki pengaruh paling besar terhadap khalayak merupakan media yang tepat untuk memasang iklan bagi perusahaan yang menawarkan produknya ataupun pemerintah yang sedang mensosialisasikan program-programnya. Televisi yang memiliki kelebihan dari sisi programatis dan teknologi mampu menjadi primadona dibandingkan dengan media massa lainnya. Hal ini ditambah dengan kelebihan dominan audio visual yang tidak dimiliki oleh media massa lainnya. Iklan televisi yang memiliki tujuan untuk menawarkan produk dan jasa terhadap khalayak, harus bisa menarik perhatian khalayak dan disesuaikan dengan tujuan iklan dibuat. Tujuan iklan terbagi menjadi tiga, yaitu informasi, membujuk, dan mengingatkan. Tujuan iklan informasi dibuat untuk memberi tahu khalayak bahwa ada produk baru, iklan ini dibuat dengan menonjolkan kelebihan produk. Untuk membujuk khalayak, maka dibuat perbandingan-perbandingan dengan produk sebelumnya dan produk saingannya. Untuk produk yang telah mapan, maka diperlukan iklan untuk mengingatkan produk tersebut masih berkualitas dan tidak bisa digantikan dengan produk lainnya. Televisi yang sudah masuk ke Kampung Naga semenjak tahun 1980-an telah menarik perhatian masyarakat. Kebutuhan informasi dan hiburan yang membuat masyarakat Kampung Naga menerima kedatangan inovasi baru ini, walaupun sebelumnya termasuk barang tabu. Setelah 20 tahun lebih televisi masuk ke Kampung Naga dapat menyebabkan perubahan sikap masyarakat penikmatnya. Kalangan perempuan yang dewasa ini telah menjadi perhatian besar bagi pemasar dan analis konsumen mempunyai potensi sebagai agen pembelian untuk keluarga. Hal inilah yang menjadikan alasan pentingnya penelitian ini, dimana fokus penelitian ini adalah perubahan sikap konsumtif ibu rumahtangga masyarakat Kampung Naga yang termasuk kampung adat diakibatkan oleh iklan televisi. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136483
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A06fzu.pdf
  Restricted Access
27.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.