Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136443
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHendrakusumaatmaja, Sutara-
dc.contributor.authorSuhesti, Heny-
dc.date.accessioned2024-01-29T02:16:55Z-
dc.date.available2024-01-29T02:16:55Z-
dc.date.issued2005-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136443-
dc.description.abstractSejak dekade terakhir kegiatan usaha tanaman hias berkembang di berbagai daerah di Indonesia dan berperan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang cukup penting. Berkembangnya kegiatan tanaman hias di dalam negeri berhubungan dengan meningkatnya pendapatan konsumen, tuntutan keindahan lingkungan, pembangunan industri pariwisata, pembangunan kompleks perumahan, perhotelan dan perkantoran (www.hortikultura.go.id). Perkembangan aktivitas masyarakat di kota Jakarta menyebabkan kebutuhan akan bunga potong meningkat. Kebutuhan yang meningkat ini membuat persaingan antar pedagang di Pasar Bunga Rawa Belong sebagai pusat pemasaran bunga di Jakarta untuk merebut konsumen semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan ini diperlukan sebuah strategi yang tepat untuk memenangkan hati konsumen. Dengan kondisi pasar yang masih semrawut diperlukan survei kepuasan konsumen untuk mengidentifikasi value apa yang diinginkan oleh konsumen ada dalam sebuah pasar bunga. Value yang diinginkan konsumen tersebut dapat diperoleh melalui pelaksanaan bauran pemasaran oleh pedagang. Survei kepuasan konsumen terhadap pelaksanaan bauran pemasaran ini akan membantu para pedagang dalam upaya peningkatan kepuasan konsumen yang terkait dengan loyalitas konsumen dan akan berimplikasi pada laba jangka panjang pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap pelaksanaan bauran pemasaran oleh para penjual bunga di Rawa Belong, mengidentifikasi indikator-indikator bauran pemasaran yang mempengaruhi konsumen untuk loyal pada penjual bunga, menganalisis tingkat loyalitas konsumen dan menyusun strategi bauran pemasaran yang dapat diterapkan para penjual bunga untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan membangun loyalitas konsumen. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2005. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan langsung ke Pasar Bunga Rawa Belong dan wawancara dengan pihak kantor dan konsumen yang disertai dengan pengisian kuesioner. Data sekunder diperoleh dari informasi Badan Pusat Statistik, data P3HPHH, studi literatur dan perpustakaan serta data dari internet. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah judgment sampling. Metode analisis data dengan menggunakan analisis tingkat kepentingan dan pelaksanaan (importance-performance analysis) dan analisis tabulasi frekuensi sederhana. ...id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcBauran pemasaran tanaman hias$Jakarta Baratid
dc.titleAnalisis kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap pelaksanaan bauran pemasaran(7P) oleh pedagang di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Baratid
dc.typeUndergraduate Thesisid
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A05hsu.pdf
  Restricted Access
29.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.