Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136441
Title: Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan beberapa sayuran organik : studi kasus di PT. Amani Mastra, Bekasi
Authors: Siregar, Hermanto
Barus, Minia Artpita
Issue Date: 2005
Publisher: IPB University
Abstract: Peningkatan permintaan masyarakat terhadap sayuran menyebabkan berkembangnya sistem budidaya sayuran yang intensif untuk menghasilkan sayuran dalam jumlah yang lebih banyak dan dalam waktu yang relatif lebih cepat. Sistem budidaya sayuran secara intensif ini ternyata menimbulkan masalah baru seperti pencemaran lingkungan, penurunan kesuburan lahan, dan juga berdampak negatif pada kesehatan manusia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka kemudian muncul perhatian yang lebih besar akan perlunya sistem budidaya sayuran yang secara ekologi ramah terhadap lingkungan dan aman bagi manusia. Hal tersebut mendorong munculnya keinginan untuk memproduksi sayuran dengan menghindari penggunaan pestisida dan pupuk kimia, melainkan menggunakan bahan-bahan alami seperti pupuk kandang dan pestisida organik. Keinginan untuk melakukan sistem budidaya sayuran secara organik juga didukung oleh kesadaran konsumen akan bahaya residu pestisida dalam produk pertanian yang mereka konsumsi. Dengan meningkatnya kesadaran dan apresiasi masyarakat untuk hidup sehat serta didukung daya beli, maka permintaan konsumen terhadap produk sayuran organik semakin meningkat. Hal tersebut mendorong pentingnya mengetahui karakteristik konsumen sayuran organik Amani, faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan besar pengaruh faktor- faktor tersebut terhadap permintaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji karakteristik konsumen sayuran organik Amani (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan sayuran organik Amani (3) Menentukan elastisitas permintaan terhadap sayuran organik Amani. Hasil penelitian ini akan memberi gambaran umum mengenai kondisi permintaan terhadap komoditi wortel, tomat dan brokoli organik Amani karena ketiganya memiliki permintaan yang paling tinggi dibandingkan jenis sayuran organik lain yang diproduksi oleh PT. Amani Mastra. Penelitian dilakukan di PT Amani Mastra, dengan mengambil tempat survei konsumen yaitu di Carrefour MT Haryono. Penelitian dilakukan pada bulan April 2005 sampai dengan Juni 2005 dan responden yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Data yang diperoleh dari hasil wawancara konsumen kemudian dianalisis secara deskriptif untuk melihat karakteristik konsumen sayuran organik Amani. Sedangkan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan wortel, tomat dan brokoli organik Amani maka dilakukan analisis regresi berganda dengan menggunakan dua model yaitu linier dan linier-log. Selain itu juga dilakukan penghitungan elastisitas untuk mengetahui besar pengaruh faktor- faktor tersebut terhadap permintaan. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi permintaan wortel, tomat, dan brokoli organik adalah pendapatan rumah tangga (X). usia (X2). jumlah anggota keluarga (X3). lama pendidikan formal (X4), frekuensi pembelian (X5), harga (D,), jenis kelamin (D2), dan informasi (D1). ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136441
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A05mab.pdf
  Restricted Access
65.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.