Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136433
Title: Analisis ekuitas merek pada merek kopi bubuk dan merek kopi instan di wilayah Jakarta Timur
Authors: Hartoyo, Sri
Muchlis
Issue Date: 2005
Publisher: IPB University
Abstract: Beragamnya merek kopi bubuk dan kopi instan yang beredar di pasar Indonesia membuat semakin banyak pula alternatif pilihan kopi untuk dikonsumsi konsumen, pada situasi inilah peranan merek dibutuhkan. Merek tidak boleh hanya menjadi bagian dari produk, akan tetapi justru mereklah yang harus memberi nilai tambah pada produk, karena dewasa ini konsumen cenderung untuk membeli merek. Menurut Aaker (1997), salah satu aset untuk selalu dapat mengembangkan dan mempertahankan pangsa pasar adalah merek. Ketatnya persaingan untuk menjadi pemimpin pasar dan menguasai pangsa pasar di antara merek-merek kopi bubuk dan merek kopi instan tersebut, para produsen kopi olahan harus mampu mempertahankan posisi dan memperluas pangsa pasar, dengan cara melakukan strategi pemasaran. Salah satunya dengan cara mengetahui kekuatan yang dimiliki oleh merek produk mereka. Jadi bagaimana ekuitas merek pada merek kopi bubuk dan merek kopi instan saat ini ?. Selain itu, produsen kopi bubuk dan kopi instan dapat mensegmentasi konsumen dari tingkat pengeluaran konsumen. Hal ini terjadi karena rentang pendapatan konsumen cukup lebar, sehingga produsen perlu untuk memperhatikan setiap segmen pengeluaran konsumen dengan kopi yang sesuai dengan selera mereka. Jadi, segmen pasar mana yang menjadi prioritas merek-merek kopi instan dan kopi bubuk berdasarkan rata-rata pengeluaran konsumen yang loyal terhadap merek yang dikonsumsi?. Penelitian ini bertujuan menganalisis ekuitas merek kopi bubuk dan kopi instan dan mengidentifikasi segmen pasar dari kopi bubuk dan kopi instan berdasarkan rata-rata pengeluaran responden yang loyal terhadap merek kopi. Dalam menjawab tujuan tersebut di gunakan alat analisis Uji Reliabilitas Hoyt, cochran test, Model Fishbein analisis Deskriptif. Data primer diperoleh dengan melakukan observasi dan survei melalui wawancara dengan konsumen, sedangkan data sekunder diperoleh dari BPS dan literatur lainnya. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136433
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A05muc.pdf
  Restricted Access
17.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.