Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136149
Title: Hubungan Dinamika Kelompok dengan Keberhasilan Usaha Budidaya Ikan Konsumsi (Kasus: Kelompok Pembudidaya Ikan Konsumsi, Desa Sukawening dan Desa Purwasari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor)
Other Titles: Correlation Between Group Dynamics on the Success of Consumer Fish Farming Businesses (Case: Consumption Fish Cultivator Group, Sukawening and Purwasari Village, Dramaga District, Bogor Regency)
Authors: Fatchiya, Anna
Fauzan, Muhamad Daffa
Issue Date: 24-Jan-2024
Publisher: IPB University
Abstract: Pengembangan usaha budidaya dilakukan melalui pembentukan kelompok pembudidaya. Kelompok yang dinamis akan mendukung tercapainya tujuan kelompok yaitu keberhasilan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dinamika kelompok dan keberhasilan usaha serta menganalisis hubungan dinamika kelompok dengan keberhasilan usaha budidaya ikan konsumsi di Desa Sukawening dan Desa Purwasari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Responden penelitian berjumlah 30 responden dari 2 kelompok pembudidaya yaitu Kelompok Mina Bakti dan Mina Muara Sari. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman untuk mengetahui hubungan dinamika kelompok dan keberhasilan usaha. Berdasarkan hasil penelitian, dinamika kelompok dan keberhasilan usaha pada kelompok menunjukkan tingkat sedang. Hasil hubungan dinamika kelompok dan keberhasilan usaha menunjukkan korelasi positif yang signifikan. Artinya semakin tinggi tingkatan dinamika kelompok maka tingkat keberhasilan usaha pada anggota kelompok akan semakin tinggi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136149
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Full Text.pdf
  Restricted Access
Full Text35.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.