Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136017
Title: Nilai sel eosinofil pada ayam yang diinfeksi Eimeria tenella dengan pemberian rebusan rimpang bangle(Zingiber cassumunar Roxb)
Authors: Handayani, Sri Utami
Tiuria, Risa
Purnitasari, Agnes Adri
Issue Date: 2005
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian rebusan rimpang bangle (Zingiber cassumunar Roxb) berbagai konsentrasi terhadap sel eosinofil baik di jaringan maupun perifer pada ayam yang diinfeksi Eimeria tenella (E. tenella). Sembilan puluh ekor ayam berumur 2 minggu dibagi menjadi enam kelompok perlakuan masing-masing 15 ekor yaitu kelompok kontrol obat, kontrol positif, kontrol negatif, kelompok perlakuan bangle dengan konsentrasi 1,25%, 12,5%, dan 125%. Ayam diinfeksi peroral dengan 1 x 10 ookista E. 4 tenella bersporulasi. Indikator pengaruh perlakuan ditentukan dengan penghitungan sel eosinofil perifer pada hari ke-4, 7, 11 dan 14 setelah infeksi menggunakan metode Hinkelman dan sel eosinofil jaringan dengan pembuatan preparat histopatologi dari organ sekum pada hari ke-4, 5, 7 dan 14 setelah infeksi. Hasil penelitian menunjukkan nilai sel eosinofil perifer bangle konsentrasi 12,5% pada hari ke-7 lebih rendah dari pada kontrol positif dan berbeda nyata (P <0,05) terhadap bangle konsentrasi 1,25%. Rata-rata sel eosinofil jaringan bangle konsentrasi 12,5% lebih rendah dari 1,25%. Nilai sel eosinofil perifer bangle konsentrasi 12,5% pada hari ke-11 lebih tinggi dari kontrol positif dan bangle konsentrasi 1,25% serta menunjukkan perbedaan yang nyata (P<0,05). Nilai sel eosinofil bangle konsentrasi 12,5% mengalami fluktuasi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136017
Appears in Collections:UT - Veterinary Clinic Reproduction and Pathology

Files in This Item:
File SizeFormat 
B05aap.pdf
  Restricted Access
21.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.