Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135960
Title: AHP, PT Nectars Natura Karya, Skincare Natural, Startup, TOPSIS
Other Titles: AHP, Natural Skincare, PT Nectars Natura Karya, Startup, TOPSIS
Authors: Indrawan, Raden Dikky
Hasbullah, Rokhani
Lubis, Yazid Hilmi
Issue Date: 24-Jan-2024
Publisher: IPB University
Abstract: Industri skincare di Indonesia merupakan industri yang terus bertumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Pertumbuhan angka pengguna skincare di Indonesiamenjadi peluang bagi para produsen skincare, yang saat ini didominasi oleh UMKM maupun perusahaan rintisan (startup). PT Nectars Natura Karya merupakan salah satu startup yang konsisten dalam melakukan produksi dan promosi penggunaan produk natural skincare dan produk berkelanjutan. Pandemi Covid-19 yang terjadi pada awal 2020 berdampak terhadap bisnis PT Nectars Natura Karya sehingga penjualan mereka menurun sebesar 30 persen sepanjang tahun 2020. Berdasarkan permasalahan tersebut, PT Nectars Natura Karya perlu untuk meningkatkan ketahanan bisnis mereka pada masa pasca pandemi Covid. Lingkup pada penelitian ini terbatas untuk mengidentifikasi prioritas strategi untuk PT Nectars Natura Karya dalam menghadapi persaingan dengan kompetitor dan dapat terus diterima oleh pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis PT Nectars Natura Karya dalam menghadapi persaingan, (2) merumuskan alternatif strategi bisnis yang dapat diadopsi PT Nectars Natura Karya dalam menghadapi persaingan. (3) menentukan dan merekomendasikan strategi bisnis yang tepat bagi PT Nectars Natura Karya dalam menghadapi persaingan. Dalam rangka menjawab tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan beberapa pendekatan. Pada tahap awal, penelitian ini menggunakan matriks EFE dan IFE dalam melakukan identifikasi dan evaluasi faktor internal daneksternal. Pada tahap pencocokan, faktor eksternal dan internal digunakan untuk menghasilkan alternatif strategi yang sesuai untuk PT Nectars Natura Karya. Pada tahapan ini, penulis menggunakan matriks IE dan SWOT dalam memformulasikan alternatif strategi. Dalam menentukan strategi terbaik untuk PT Nectars Natura Karya, penulis menggunakan metode AHP dan TOPSIS. Pengambilan data dilakukan dari bulan Juli 2022 hingga Juni 2023. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara secara mendalam, kuesioner, dan studi pustaka. Wawancara secara mendalam dilakukan dengan pihak internal PT Nectars Natura Karya dan eksternal yang memiliki kompetensi dalam permasalahan startup dan natural skincare. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kekuatan utama dari PT Nectars Natura Karya adalah penggunaan bahan-bahan alami yang aman dan kelemahan dari PT Nectars Natura Karya adalah kemasan yang kurang menarik bagi konsumen middle up. Selain itu, PT Nectars Natura Karya memiliki peluang dengan adanya pertumbuhan ekonomi digital dan terancam dengan adanya isu resesi di 2023. Dari 12 alternatif strategi yang diperoleh, implementasi digital marketing dan meningkatkan literasi digital merupakan opsi terbaik bagi PT Nectars Natura Karya. Literasi digital merupakan keterampilan yang harus dimiliki UMKM mengingat sebagian besar dari konsumen kini berinteraksi dan berbelanja produk melalui layanan digital.
In recent years, skincare industry has grown rapidly in Indonesia. The growing number of skincare users in Indonesia becomes an opportunity for skincare producers in Indonesia, which is dominated by SMEs and startups. PT Nectars Natura Karya is one of startups that consistently produce and promote the usage ofnatural skincare and sustainable products. Covid-19 pandemic that spread in early 2020 had impacted PT Nectars Natura Karya’s business as their sales dropped 30 percent throughout 2020. Based on those problems, PT Nectars Natura Karya needsto improve their business’s resilience in this post-Covid era. The scope of research in this study is limited to identify strategic priorities for PT Nectars Natura Karya to compete with competitors and stay relevant in the market. The objectives of this research are (1) to identify internal and external environmental factors that influence the sustainability of PT Nectars Natura Karya's business in facing competition, (2) to formulate alternative strategies for PT Nectars Natura Karya in facing competition. (3) determine and recommend suitable business strategies for PT Nectars Natura Karya in facing competition. In order to answer the research objectives, this research used several approaches. In the input stage, this research used the EFE and IFE Matrix to identify and evaluate external and internal factors. In the matching stage, external and internal factors were used to generate feasible alternative strategies for PT Nectars Natura Karya. In this stage,the author used IE and SWOT Matrix to formulate alternative strategies. To determine the best strategies for PT Nectars Natura Karya, the author used AHP and TOPSIS methods. Data collection was carried out from July 2022 to June 2023. This research used data that was obtained from observations, in-depth interviews, questionnaires and literature study. In-depth interviews were conducted with internal PT Nectars Natura Karya and external parties who are expert in startup and natural skincare issues. The results explains that PT Nectars Natura Karya’s main strength is the usage of natural ingredients that are safe and healthy for the skin and theirs weakness is their product packaging is not appealing for middle up consumer. Apartfrom that, PT Nectars Natura Karya has opportunities due to the growth of the digital economy and threatened by recession issue in 2023. From 12 alternative strategies, implementing digital marketing and increasing their digital literacy is the best option for PT Nectars Natura Karya. Digital literacy has already become a “have-to-have” skill for SMEs since most of consumers interact and buy products through digital platforms.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135960
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis Yazid Hilmi Lubis_K150120212_Cover, Ringkasan, Summary, Daftar isi dll.pdf
  Restricted Access
Cover946.14 kBAdobe PDFView/Open
Tesis Yazid Hilmi Lubis_K150120212_Tesis.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.