Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135863| Title: | Stabilitas statis kapal bubu "Sinar Barokah" di Desa Gebang Mekar, Kabupaten Cirebon |
| Authors: | Iskandar, Budhi Hascaryo Pratiwi, Mega |
| Issue Date: | 2005 |
| Publisher: | IPB University |
| Abstract: | Pengetahuan mengenai stabilitas kapal sangat diperlukan untuk menjamin keamanan selama melakukan pelayaran. Informasi mengenai kondisi stabilitas kapal bisa didapat melalui perhitungan stabilitas kapal. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung nilai parameter hidrostatis kapal bubu lipat Sinar Barokah di desa Gebang Mekar, Kabupaten Cirebon serta untuk mendapatkan nilai kualitas stabilitas statis kapal bubu lipat Sinar Barokah. dan Hasil perhitungan terhadap ketiga rasio dimensi utama L/B, L/D, dan B/D, masing- masing bernilai 2,75; 11,94; dan 4,34. Ketiga nilai tersebut masuk ke dalam selang nilai pembanding untuk kapal static gear yang ditulis oleh Iskandar dan Pujiati (1995), artinya kapal Sinar Barokah telah memiliki ukuran panjang, lebar, dan dalam kapal yang sesuai untuk jenis kapal yang mengoperasikan alat tangkap statis. Nilai koefisien bentuk kapal yang meliputi Cb, Cp, Cvp, Cw, dan C sebesar 0,51; 0,70; 0,68; 0,75; dan 0,73 memiliki nilai yang berada pada selang nilai acuan Iskandar dan Pujiati (1995). Kesesuaian kelima koefisien bentuk tersebut terhadap nilai acuan menunjukkan kapal Sinar Barokah telah memiliki tingkat kegemukan yang sesuai untuk kapal yang mengoperasikan alat tangkap statis. tulis ini tampa rimcantumkan dan menyebutkan sumber Analisis stabilitas statis kapal Sinar Barokah pada kondisi draft desain 0,42 m; draft = 0,32 m; dan draft = 0,52 m pada KG desain 0,67 m; serta KG = 0,57 m pada draft desain menunjukkan hasil yang diperoleh telah memenuhi kriteria yang direkomendasikan oleh United Kingdom dalam Fishing Vessels Rules, 1975. Hal ini berarti kapal yang diteliti telah memiliki stabilitas yang baik dan dapat dijadikan standar keselamatan selama kapal tersebut melakukan pelayaran. Sedangkan untuk kondisi stabilitas statis pada draft desain dengan KG = 0,77 m sebagian besar nilainya telah sesuai dengan kriteria FVR (1975), kecuali tinggi metasenter yang berada di bawah standar. Meskipun demikian, pada kondisi tersebut kapal masih memiliki tinggi metasenter (GM) yang positif, dimana titik G berada di bawah titik metasenternya. Pada kondisi ini, kapal menghasilkan lengan penegak GZ yang positif untuk mengembalikan dirinya ke posisi semula setelah mendapat gaya yang menyebabkan kapal menjadi miring. Kondisi ini menunjukkan bahwa kapal yang diteliti berada pada posisi keseimbangan stabil (stable equilibrium) |
| URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135863 |
| Appears in Collections: | UT - Fisheries Resource Utilization |
Files in This Item:
| File | Size | Format | |
|---|---|---|---|
| C05mpr.pdf Restricted Access | 47.66 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.