Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135723
Title: Analisa pengambilan keputusan strategi bauran pemasaran pada CV. Aquatic Indonesia
Authors: Rachmina, Dwi
Praharsa, Nanda
Issue Date: 2005
Publisher: IPB University
Abstract: Perikanan sebagai salah satu subsektor pertanian mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan. Hal ini dikarenakan pembangunan perikanan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Peranan sektor perikanan dalam pembangunan nasional terutama sebagai penyedia bahan baku untuk mendorong agroindustri, peningkatan devisa melalui penyediaan ekspor perikanan, penyedia kesempatan kerja, peningkatan pendapatan nelayan/petani ikan dan pembangunan daerah, serta peningkatan kelestarian sumberdaya perikanan dan lingkungan hidup. niversi CV. Aquatic Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ekspor ikan hias dari 114 perusahaan eksportir ikan hias di Indonesia. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini, terjadi peningkatan jumlah eksportir ikan hias. Dengan semakin meningkatnya jumlah eksportir ikan hias, menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Hal ini memberikan dampak terhadap tingkat pertumbuhan dan proporsi ekspor CV. Aquatic Indonesia terhadap total ekspor ikan hias di Indonesia. Pada periode 2003-2004 terjadi penurunan tingkat pertumbuhan penjualan sebesar 44,50 persen. Begitu pula pada proporsi penjualannya mengalami penurunan. Pada tahun 2003 proporsi penjualan CV. Aquatic Indonesia sebesar 5.20 persen, namun menurun menjadi 2.88 persen pada tahun 2004. Akibat persaingan yang semakin ketat menyebabkan perusahaan harus mampu meningkatkan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kembali penjualan. Untuk meningkatkan keunggulan bersaing dapat ditempuh melalui strategi pemasaran yang tepat. Oleh karena itu, maka perlu ditinjau kembali strategi perusahaan, khususnya strategi pemasaran, karena hanya perusahaan dengan strategi pemasaran yang paling tepatlah yang mampu mempertahankan bahkan meningkatkan pangsa pasarnya. Menghadapi kondisi persaingan dalam industri, CV. Aquatic Indonesia dalam memasarkan produknya harus mampu memutuskan alternatif terbaik dalam menjalankan strategi bauran pemasaran yang akan dilakukan, sesuai dengan tujuan perusahaan. Permasalahan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan dan bagaimana strategi bauran pemasaran yang tepat dan strategis dijalankan oleh CV. Aquatic Indonesia dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan dan merumuskan strategi bauran pemasaran yang tepat untuk dijalankan oleh CV. Aquatic Indonesia guna mencapai tujuannya. Penelitian dilakukan di CV. Aquatic Indonesia yang berlokasi di Jalan Cidangiang NO. 4 Baranangsiang, Bogor. Waktu pengumpulan data dilaksanakan...dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135723
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A05npr.pdf
  Restricted Access
16.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.