Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135709
Title: Edukasi e-Health Pegia untuk Memperbaiki Perilaku Gizi Ibu dan Guru PAUD serta Dampaknya terhadap Asupan Gizi Anak Prasekolah
Other Titles: Pegia e-Health Nutrition Education to Improve Nutrition Behaviors of Mothers an Preschool Teachers and Its Impact on Nutritional Intake of Preschool Children
Authors: Briawan, Dodik
Kustiyah, Lilik
Tanziha, Ikeu
Hermadi, Irman
Purnamasari, Dyah
Issue Date: 23-Jan-2024
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas edukasi gizi e-Health Pegia (Pengetahuan tentang Gizi Anak) untuk meningkatkan perilaku gizi ibu dan guru PAUD serta dampaknya terhadap perbaikan asupan gizi anak prasekolah. Penelitian dilakukan di kota Purwokerto pada bulan Maret sampai Desember 2022. Penelitian tahap pertama, yaitu formative study, desain yang digunakan adalah crossectional study secara kualitatif. Pada penelitian formative study dilakukan analisis faktor pendukung dan penghambat perilaku gizi ibu dan guru PAUD. Formative study dilaksanakan dengan FGD (Focus Group Discussion) dan indepth interview. Tahap kedua adalah developing study edukasi gizi dengan desain crossectional study secara kuantitatif. Tahap ini dilaksanakan untuk mengembangkan e-Health Pegia dengan desain Prototyping. Setelah dilakukan pengembangan e-Health selanjutnya dilakukan uji usability dengan metode Sistem Usability Scale (SUS). Hasil dari usability testing adalah acceptable untuk digunakan sebagai intervensi gizi pada ibu dan guru PAUD (Skor SUS >70). Tahap ketiga adalah implementasi e-Health Pegia. Desain yang digunakan adalah quasy experimental. Responden ibu berjumlah 54 orang, guru 24 orang dana anak berjumlah 54 anak. Terdapat peningkatan perilaku gizi ibu setelah mengakses e-Health Pegia selama 12 minggu. Peningkatan skor pengetahuan sebesar 8 poin atau 26,7%, median index, sikap gizi adalah 5 poin atau 13,4% median index dan praktik gizi sebesar 8,6% median index secara signifikan (p<0,05). Hal ini diikuti dengan peningkatan secara signifikan (p<0,05) asupan gizi anak setelah mengakses e-Health Pegia selama 12 minggu yaitu karbohidrat sebesar 31 gram, serat 1,4 gram dan vitamin A sebesar 380 RE . Demikian juga peningkatan secara signifikan (p<0,05) skor perilaku gizi guru setelah mengakses e-Health Pegia selama 12 minggu, yaitu pengetahuan gizi sebesar 10 poin atau 30% median index, sikap sebesar 11 poin atau 32,2% median index dan praktik gizi sebesar 6,5 poin atau 17,5% median index. Penggunaan e-Health Pegia dapat meningkatkan sinergisme orangtua dan guru PAUD dalam memperbaiki asupan gizi pada anak prasekolah.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135709
Appears in Collections:DT - Human Ecology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover481.14 kBAdobe PDFView/Open
Full teks.pdf
  Restricted Access
Full text1.53 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.