Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135547
Title: Analisis strategi pemasaran nata de coco pada CV. Tunas Sari Kotamadya Bogor, Provinsi Jawa Barat
Authors: Ristianingrum, Anita
Ningrum, Lusiana Widya
Issue Date: 2005
Publisher: IPB University
Abstract: Nata de coco adalah sejenis makanan yang tersusun dari senyawa selulosa yang dihasilkan dari fermentasi air kelapa oleh aktivitas bakteri jenis Acetobacter xylinum, yang berbentuk padat, putih, transparan dan kenyal seperti kolang-kaling. Nata de coco memiliki beberapa keunggulan, yang menyebabkannya menjadi produk yang dapat diterima masyarakat Indonesia, antara lain dapat diolah menjadi minuman yang menyegarkan, praktis untuk dikonsumsi, baik untuk sistem pencernaan, rendah kalori, tidak mengandung kolesterol dan dikenal sebagai makanan kaya serat (dietary fiber) sehingga dapat digunakan sebagai makanan diet. Hal ini dapat terlihat dari produksi nata de coco dengan nilai dan volume yang semakin meningkat. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa produk nata de coco dapat diterima oleh konsumennya, selain juga menunjukkan adanya persaingan antar industri nata de coco dalam memperebutkan konsumen. CV. Tunas Sari sebagai salah satu perusahaan yang sejak tahun 1981 bergerak dalam industri nata de coco, mengalami penurunan volume penjualan sebesar ± 50% mulai dari tahun 1998 hingga sekarang, karena perusahaan perusahaan pesaing yang semakin berkembang. Perusahaan-perusahaan pesaing ini memasarkan produknya di pasar yang sama dengan CV. Tunas Sari. Meskipun harga produk nata de coco dari CV. Tunas Sari berada di bawah harga pesaing, namun CV. Tunas Sari masih kesulitan dalam memulihkan volume penjualannya. Oleh karena itu, agar CV. Tunas Sari dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan pangsa pasarnya perlu diperhatikan bauran pemasaran perusahaan dan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi bauran pemasaran pada perusahaan, 2) mengidentifikasi faktor-faktor internal meliputi kekuatan dan kelemahan serta lingkungan eksternal meliputi peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan, dan 3) merumuskan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi internal dan eksternal yang dihadapi perusahaan...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135547
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A05lwn.pdf
  Restricted Access
22.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.