Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135337
Title: Perencanaan Skenario Peningkatan Kinerja Tenaga Kependidikan Pasca Pandemi Covid-19 Pada Universitas XYZ
Other Titles: Scenarios Planning For Improving The Performance Of Education Personnel After Covid-19 at XYZ University
Authors: Ma'arif, M. Syamsul
Hasanah, Nur
Suryanto, Yustinus Ricky Hapsoro
Issue Date: 19-Jan-2024
Publisher: IPB University
Abstract: Seiring dengan persaingan yang semakin tajam karena perubahan dan lingkungan yang begitu cepat pada setiap aspek kehidupan manusia, maka setiap perusahaan membutuhkan karyawan yang mempunyai kompetensi agar dapat memberikan pelayanan yang prima dan bernilai. Dengan kata lain, perusahaan tidak hanya mampu memberikan pelayanan yang memuaskan (customer satisfaction) tetapi juga berorientasi pada nilai (customer value). Kinerja setiap kegiatan dan individu merupakan kunci pencapaian produktivitas perusahaan karena kinerja adalah suatu hasil di mana karyawan dan sumber daya lain yang ada dalam perusahaan secara bersama-sama membawa hasil akhir yang didasarkan pada tingkat mutu dan standar yang telah ditetapkan. Universitas sebagai institusi pendidikan yang mengutamakan interaksi dalam proses belajar mengajar turut merasakan dampak dengan perubahan metode bekerja tersebut. Transisi metode kerja dari work from home selama pandemi kembali ke work from office pada era new normal sekarang ini, sedikit banyak akan memengaruhi kinerja karyawan dengan berbagai cara. Kebiasaan pada saat bekerja dari rumah dengan fleksibilitas yang lebih besar, kemudian kembali bekerja di kantor akan memungkinkan terjadinya proses kolaborasi dan adaptasi dalam berbagai hal. Melalui penelitian tentang perencanaan skenario peningkatan kinerja tenaga kependidikan di Universitas XYZ pasca era pandemi ini diharapkan dapat memberikan wawasan terutama terkait dengan kinerja tenaga kependidikan serta dapat memberikan panduan bagi Universitas XYZ dalam menentukan strategi meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di masa mendatang dengan kondisi perubahan lingkungan kerja yang dinamis. Saat ini situasi pandemi telah berlalu dan Covid-19 telah menjadi bagian dalam keseharian masyarakat dunia, aktivitas masyarakat berangsur-angsur pulih kembali walaupun situasinya tidak sama dengan sebelum pandemi, yang dapat menjadi bagian dari tatanan baru (new normal) dari kehidupan keseharian masyarakat. Universitas XYZ merupakan salah satu perusahaan yang mendukung tatanan baru tersebut, yang telah membawa sebuah perubahan besar dan membutuhkan penyesuaian dalam banyak hal. Hingga saat ini, Universitas XYZ telah menjalani metode work from office maupun work from home terhadap seluruh karyawannya, juga menjalankan upaya pemanfaatan berbagai teknologi dan sumber daya dalam proses bekerja untuk menciptakan proses pembelajaran dan memberikan layanan yang berkualitas bagi mahasiswa. Kondisi tersebut menuntut Universitas XYZ untuk menjaga kualitas mutu layanannya, dengan menentukan dan merumuskan scenario planning yang dapat mengoptimalkan kinerja karyawan dalam hal ini tenaga kependidikan untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan di era new normal saat ini maupun menghadapi perubahan lingkungan kedepan yang tidak pasti. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kinerja tenaga kependidikan Universitas XYZ; dan (2) Menentukan scenario planning untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan Universitas XYZ. Berdasarkan hasil wawancara kepada pakar maupun civitas akademika, dikemukakan bahwa kinerja tenaga kependidikan Universitas XYZ pada periode setelah pandemi Covid-19 dapat dibilang tetap stabil. Tingkat kinerja karyawan yang tetap stabil setelah pandemi dapat dijelaskan oleh pengalaman adaptasi yang telah dimiliki oleh tenaga kependidikan selama awal pandemi. Pada tahap awal pandemi, tenaga kependidikan mengalami perubahan mendalam dalam pola kerja mereka, yang melibatkan transisi dari bekerja di kantor menjadi bekerja dari rumah. Meskipun perubahan ini awalnya mungkin menantang, pengalaman adaptasi yang terjadi selama periode tersebut memberikan kesempatan bagi tenaga kependidikan untuk mengembangkan keterampilan dan strategi baru yang mendukung efisiensi dan produktivitas mereka. Dengan pengalaman tersebut, tenaga kependidikan telah memahami cara terbaik untuk mengelola waktu, memanfaatkan teknologi dan tetap terhubung dengan tim mereka meskipun berjauhan secara fisik. Adaptasi ini menciptakan fondasi yang kuat untuk menjaga kinerja yang stabil pasca pandemi. Tenaga kependidikan yang telah berhasil beradaptasi dengan perubahan tersebut mungkin merasa lebih percaya diri dalam menghadapi dinamika kerja baru yang dihadapi pasca pandemi. Kemampuan mereka untuk beroperasi secara efektif dalam berbagai lingkungan kerja, baik di kantor maupun dari jarak jauh, dapat membantu menjaga tingkat kinerja yang tinggi dan memberikan kontribusi positif terhadap Universitas XYZ. Secara umum, tingkat kinerja tenaga kependidikan di Universitas XYZ cenderung tetap stabil, bahkan setelah periode adaptasi pada masa pasca pandemi. Namun, keberlanjutan stabilitas ini sering kali memerlukan terobosan baru dalam metode kerja. Model kerja hybrid, yang menggabungkan bekerja dari kantor dan bekerja jarak jauh, muncul sebagai terobosan signifikan yang dapat membawa dampak positif terhadap produktivitas, kesejahteraan, dan kepuasan tenaga kependidikan. Penerapan metode ini memungkinkan tenaga kependidikan untuk menyesuaikan lingkungan kerja mereka dengan lebih baik sesuai dengan kebutuhan dan preferensi individu, menciptakan fleksibilitas yang diperlukan untuk mendukung efektivitas kerja. Oleh karena itu, terobosan melalui pendekatan kerja hybrid tidak hanya mencerminkan evolusi dalam tatanan kerja, tetapi juga memberikan kesempatan untuk terus meningkatkan dan memelihara tingkat kinerja yang stabil di tengah perubahan dinamika organisasi modern.
As competition becomes increasingly sharp due to rapid changes and the environment in every aspect of human life, every company needs employees who have competence to be able to provide excellent and valuable service. In other words, the company is not only able to provide satisfactory service (customer satisfaction) but also value-oriented (customer value). The performance of each activity and individual is the key to achieving company productivity because performance is a result where employees and other resources in the company together bring final results that are based on predetermined levels of quality and standards. Universities as educational institutions that prioritize interaction in the teaching and learning process also feel the impact of changes in working methods.Transition of work methods from work from home during the pandemic back to work from office in the new normal era Nowadays, it will more or less affect employee performance in various ways. The habit of working from home with greater flexibility, then returning to work in the office will allow for a process of collaboration and adaptation in various matters. Through research on scenario planning for improving the performance of educational staff at XYZ University in the post-pandemic era, it is hoped that it can provide insight, especially regarding the performance of educational staff and can provide guidance for XYZ University in determining strategies to improve the performance of educational staff in the future with conditions changing in the dynamic work environment. Currently the pandemic situation has passed and Covid-19 has become part of the daily lives of people around the world, community activities are gradually recovering even though the situation is not the same as before the pandemic, which could be part of the new order (new normal) from people's daily lives. XYZ University is one of the companies that supports this new order, which has brought major changes and requires adjustments in many ways. Until now, XYZ University has undergone the method work from office or work from home towards all its employees, also carrying out efforts to utilize various technologies and resources in the work process to create a learning process and provide quality services for students. These conditions require XYZ University to maintain the quality of its services, by determining and formulating scenario planning which can optimize employee performance, in this case educational staff, to face the challenges of the world of education in this new normal era currently and facing uncertain environmental changes in the future. Based on this background, the objectives of this research are (1) to identify and analyze internal and external factors that influence the performance of XYZ University's educational staff; and (2) Determine scenario planning to improve the performance of XYZ University educational staff. Based on the results of interviews with experts and the academic community, it was stated that the performance of XYZ University's educational staff in the period after the Covid-19 pandemic could be said to have remained stable. The level of employee performance that remains stable after the pandemic can be explained by the adaptation experience that educational staff have had during the beginning of the pandemic. In the early stages of the pandemic, education personnel experienced profound changes in their working patterns, involving a transition from working in the office to working from home. Although these changes may initially be challenging, the adaptation experiences that occur during this period provide opportunities for education personnel to develop new skills and strategies that support their efficiency and productivity. With this experience, education staff have understood the best ways to manage time, utilize technology and stay connected with their teams even though they are physically far apart. This adaptation creates a strong foundation to maintain stable performance post-pandemic. Education staff who have successfully adapted to these changes may feel more confident in facing the new work dynamics faced post-pandemic. Their ability to operate effectively in a variety of work environments, both in the office and remotely, can help maintain high levels of performance and make positive contributions to XYZ University. In general, the performance level of educational staff at XYZ University tends to remain stable, even after a period of adaptation in the post-pandemic period. However, continuing this stability often requires new breakthroughs in work methods. The hybrid work model, which combines working from the office and working remotely, has emerged as a significant breakthrough that can have a positive impact on the productivity, well-being and satisfaction of educational staff. The application of this method allows educational personnel to better adapt their work environment according to individual needs and preferences, creating the flexibility necessary to support work effectiveness. Therefore, the breakthrough through a hybrid work approach not only reflects the evolution in the work landscape, but also provides an opportunity to continuously improve and maintain stable performance levels amidst the changing dynamics of modern organizations.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135337
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yustinus Ricky Hapsoro Suryanto_K15191122_Cover, Ringkasan, Summary Dll.pdf
  Restricted Access
Cover1.05 MBAdobe PDFView/Open
Yustinus Ricky Hapsoro Suryanto_K15191122_Full Tesis.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.