Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135312
Title: Analisis kepuasan konsumen bunga potong dalam bentuk rangkaian pada Florists, Bogor
Authors: Putri, Eka Intan K.
Syarif, Annisa
Issue Date: 2005
Publisher: IPB University
Abstract: Bunga potong merupakan salah satu komoditas florikultur yang potensial untuk dikembangkan. Banyak kegiatan sosial budaya dalam kehidupan sehari- hari yang memanfaatkan bunga. Permintaan bunga potong di kota-kota besar memberikan peluang bagi para pelaku bisnis untuk memasuki industri. Salah satu konsumen terbesar dari bunga potong adalah florist (konsumen antara), hotel, restoran, perumahan serta perkantoran sebagai konsumen langsung. Meningkatnya penghasilan, perkembangan pembangunan kota dan ilmu pengetahuan turut mendukung peningkatan permintaan konsumen akan nilai serta kualitas bunga potong yang dibeli. Hal ini perlu dicermati oleh para pelaku bisnis bunga potong, salah satunya florist yang dituntut untuk menyediakan berbagai macam bunga potong salah satunya dalam bentuk rangkaian. niversi Florist S merupakan salah satu pelaku bisnis bunga potong yang berlokasi di kota Bogor. Florist ini hanya menjual bunga dalam bentuk rangkaian bukan dalam bentuk batangan kecuali pada hari Valentine. Selama ini Florist S berusaha untuk memenuhi semua permintaan konsumennya. Hal ini berarti perusahaan harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai tingkat kepuasan konsumen agar dapat merumuskan strategi untuk mencapai tujuan perusahaan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan karakteristik konsumen bunga potong dalam bentuk rangkaian pada Florist S, (2) Menganalisis kepuasan konsumen bunga potong dalam bentuk rangkaian pada Florist S, (3) Menganalisis atribut penting apa saja yang perlu diperhatikan perusahaan dalam meningkatkan penjualan rangkaian bunga. Penelitian ini dilakukan di Florist S yang berlokasi di jalan Sukasari, Bogor. Lokasi penelitian ini dipilih secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan florist tersebut sudah lama berdiri dan tetap bertahan dalam ketatnya persaingan. Survey konsumen dilakukan pada bulan November-Januari 2004. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan pihak perusahaan dan survey konsumen dengan menggunakan kuesioner. Data sekunder yang diperoleh dari data-data seperti literatur, BPS, Asbindo, jurnal...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/135312
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A05asy.pdf
  Restricted Access
74.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.