Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134983
Title: Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap bauran pemasaran : kasus pada Al-Amin Swalayan Bogor
Authors: Wagiono, Yayah K.
Yaslinur
Issue Date: 2005
Publisher: IPB University
Abstract: Perusahaan pengecer (retail) merupakan perusahaan yang berhubungan langsung dengan penjualan barang atau jasa kepada konsumen akhir, namun demikian tidak menutup kemungkinan adanya penjualan langsung dengan para pemakai industri (Swastha, 2000). Perkembangan perusahaan retail di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pada tahun 2004, untuk retail jenis supermarket terjadi pertumbuhan sekitar 7,01%, sedangkan untuk retail jenis minimarket pertumbuhannya mencapai 15,00 %. Dengan meningkatnya jumlah perusahaan retail ini, tentu akan menambah atmosfer persaingan. Hal ini disebabkan perusahaan-perusahaan retail yang ada, telah mulai menjalar masuk ke kota-kota kecil di Indonesia, termasuk Kota Bogor. Salah satu perusahaan retail yang ada di Kota Bogor adalah Al-Amin Swalayan. Al-Amin Swalayan memiliki lokasi penjualan di berbagai tempat, dengan pusat penjualan berada di daerah Darmaga, Bogor. Di lokasi ini, sekarang telah berdiri lebih dari 10 supermarket atau minimarket, baik yang franchise ataupun bukan franchise. Dengan demikian persaingan untuk merebut pangsa pasar di daerah ini sangat tinggi. Tingginya tingkat persaingan ini diikuti pula oleh tingginya tingkat keluhan konsumen terhadap atribut bauran pemasaran pada Al-Amin Swalayan. Berbagai cara telah dilakukan oleh pihak manajemen Al- Amin Swalayan untuk menanggulanginya, seperti membuka kotak saran dan Nomor Respon Pelanggan...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134983
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A05yas1.pdf
  Restricted Access
68.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.