Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134982
Title: Kajian pengembangan sistem penilaian kinerja dosen : Studi kasus di Institut Pertanian Bogor
Authors: Fewidarto, Pramono D
Ma'arif, Syamsul
Puspitasari, Yanty
Issue Date: 2004
Publisher: IPB University
Abstract: Berkembangnya perusahaan tidak lepas dari peran serta sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Peran sumber daya manusia tersebut diperlukan untuk mengantisipasi tuntutan tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas. Jumlah karyawan yang cukup besar, memerlukan perhatian yang serius sehingga diharapkan kinerja karyawan tetap dalam kondisi yang baik. Oleh karena itu perlu dikaji mengenai penilaian kinerja yang terbaik bagi semua karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sistem penilaian kinerja dosen di IPB, menganalisis aspek-aspek dalam penilaian kinerja dosen di IPB, dan menyusun sistem penilaian kinerja dosen yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di IPB. Penilaian kinerja dosen terdiri dari Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (P3) dan penilaian angka kredit yakni satuan nilai dari tiap butir kegiatan yang ditetapkan berdasarkan penilaian atas prestasi yang telah dicapai oleh seorang dosen. Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (P3) dan penilaian angka kredit tersebut digunakan sebagai syarat dalam rangka pembinaan karir dalam jabatan fungsional/kepangkatan. Tiga unsur Tridharma Perguruan Tinggi, yakni melaksanakan pendidikan dan pengajaran; penelitian; serta pengabdian kepada masyarakat harus terdapat dalam rencana kerja yang perlu dibuat oleh setiap dosen dalam jangka waktu per enam bulan untuk membantu dosen yang bersangkutan mengevaluasi kinerjanya. Rencana kerja tersebut disahkan dan dievaluasi setiap enam bulan sekali oleh Ketua Jurusan. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134982
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
F04ypu.pdf
  Restricted Access
24.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.