Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134599
Title: Pesan Kampanye untuk Perubahan Perilaku (Kasus: Program "Suara untuk Aksi Perubahan Iklim Berkeadilan" di Nusa Tenggara Timur)
Other Titles: Campaign Message for Behavioral Change (Case: "Voices for Just Climate Change Action" Program in East Nusa Tenggara)
Authors: Aulia, Titania
Ashandari, Sofia
Issue Date: 11-Jan-2024
Publisher: IPB University
Abstract: Kampanye komunikasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh komunikator dan bertujuan mengubah perilaku masyarakat. Koalisi Rakyat Kedaulatan Pangan (KRKP) sebagai Ornop yang memiliki perhatian terhadap masalah pertanian dan pangan menyelenggarakan program kampanye komunikasi “Suara untuk Aksi Perubahan Iklim Berkeadilan” yang berfokus pada peningkatan kapasitas dan pembelajaran masyarakat, terutama mereka yang paling terdampak perubahan iklim di Nusa Tenggara Timur supaya mereka dapat berpartisipasi dalam program dan merealisasikan transisi iklim yang berkeadilan. Penelitian ini bertujuan mengkaji lebih lanjut mengenai pesan kampanye “Suara untuk Aksi Perubahan Iklim” dalam mengubah perilaku pemuda desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan didukung oleh data kualitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara bentuk pesan kampanye, faktor internal, dan faktor eksternal perubahan perilaku dengan tahapan perubahan perilaku. Pesan kampanye yang disampaikan sangat baik dan cukup efektif dalam membentuk perubahan perilaku pemuda desa.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134599
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover Skripsi Sofia Ashandari_I34190067.pdf
  Restricted Access
Cover445.71 kBAdobe PDFView/Open
I34190067_Sofia Ashandari.pdf
  Restricted Access
Fullteks1.96 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran Skripsi Sofia Ashandari_I34190067-3.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.