Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134562
Title: Rancang Bangun Perangkat Lunak Akuisisi dan Penyajian Data Plant Phenotyping Persemaian Cabai (Capsicum annum L.)
Other Titles: Chili (Capsicum annum L.) Nursery Plant Phenotyping Data Acquisition and Presentation Software Development
Authors: Supriyanto
Sudarmika, Tubagus Rasyid Ridha
Issue Date: Jan-2024
Publisher: IPB University
Abstract: Komoditas cabai merupakan produk penting bagi rumah tangga di Indonesia. Persemaian dapat meningkatkan perkecambahan benih dan memastikan bahwa tanaman tumbuh dengan baik serta mengurangi resiko gagal panen dengan identifikasi awal tanaman. Proses penyemaian modern saat ini sering dilakukan menggunakan menggunakan teknologi lingkungan terkendali seperti rumah tanaman. Pendekatan plant phenotyping berbasis analisis citra nondestruktif memungkinkan karakterisasi sifat tampak tanaman secara ringkas. Namun demikian, perlunya sebuah platform analisis data yang dapat mengintegrasikan data pemrosesan citra menjadi informasi yang bermakna. Penelitian ini bertujuan merancang perangkat lunak untuk plant phenotyping terhadap semaian cabai (Capsicum annum L.) yang dapat memotret, memroses, dan menampilkan data citra serta teruji secara fungsional dan kelayakannya sebagai sebuah perangkat lunak berbasis web. Sistem perangkat lunak dirancang berdasarkan metode System Development Life Cycle (SDLC) yang terdiri dari tahap analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Hasil penelitian ini berupa perangkat lunak analisis data fenotipe dirancang dengan fitur pemotretan, pemrosesan, dan penyajian data citra tanaman yang terdiri dari jumlah piksel dan luas kanopi tanaman, tingkatan kehijauan, serta tingkatan keabuan. Hasil uji fungsional sistem dengan metode black box menunjukkan bahwa sistem berjalan dengan baik tanpa bug yang berarti. Pengujian sistem dengan metode SUS terhadap 10 responden juga menunjukkan bahwa sistem layak digunakan dengan nilai rataan 76,25 yang tergolong kedalam grade B.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134562
Appears in Collections:UT - Agricultural and Biosystem Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover_Draft Fix_F14180115_TB Rasyid Ridha S.pdf
  Restricted Access
Cover310.19 kBAdobe PDFView/Open
WM_Draft Fix_F14180115_TB Rasyid Ridha S.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.24 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran_Draft Fix_F14180115_TB Rasyid Ridha S.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.