Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134544
Title: Rancangan Balanced Scorecard sebagai instrumen manajemen strategi pada PT. Fastfood Indonesia,Tbk
Authors: Daryanto, Arief
Sulistyowati, Rhita
Issue Date: 2004
Publisher: IPB University
Abstract: Dewasa ini, persaingan abad industri telah bergeser ke persaingan abad informasi. Untuk mencapai keberhasilan kompetitif di lingkungan abad informasi mensyaratkan adanya kemampuan baru yang harus dimiliki oleh perusahaan untuk mengalokasikan dan mengelola aktiva tak berwujud yang dimilikinya. Dalam melakukan kapabilitas baru ini, kinerja perusahaan tidak dapat diukur dalam jangka pendek oleh model akuntansi keuangan tradisional. Model finansial hanya mengukur peristiwa masa lalu sehingga tidak memadai untuk mengarahkan dan mengevaluasi kinerja perusahaan di abad informasi dalam menciptakan nilai finansial masa depan. Untuk itu, telah dirancang suatu sistem pengukuran komprehensif yaitu Balanced Scorecard. Balanced Scorecard (BSC) menerjemahkan misi dan strategi perusahaan ke dalam seperangkat ukuran yang menyeluruh yang memberi kerangka kerja bagi sistem pengukuran kinerja dan sistem manajemen strategis. Balanced Scorecard mengukur kinerja perusahaan dalam empat perspektif, yaitu: perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif proses pembelajaran dan pertumbuhan. PT. FastFood Indonesia, Tbk adalah perusahaan yang masih menggunakan sistem pengukuran kinerja bisnis berbasis informasi finansial dengan menggunakan laporan keuangan tahunan dalam Annual Report. Padahal, untuk dapat berhasil dalam persaingan bisnis di abad informasi ini, aktiva tak berwujud dan kapabilitas perusahaan menjadi faktor yang sangat penting. Namun, sulit untuk menghitung nilai finansial untuk aktiva tak berwujud karena aktiva-aktiva tersebut tidak dicantumkan dalam neraca keuangan perusahaan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang pengukuran kinerja yang digunakan PT. FastFood Indonesia, Tbk selama ini; menggambarkan peta strategi Balanced Scorecard yang sesuai dengan visi, misi dan komitmen PT. FastFood Indonesia, Tbk; merumuskan pengukuran kinerja PT. FastFood Indonesia, Tbk yang sesuai dengan konsep Balanced Scorecard; serta mengukur kinerja yang telah dicapai perusahaan dengan pendekatan Balanced Scorecard dan menganalisis hasilnya. Penelitian dilakukan di kantor pusat PT. FastFood Indonesia, Tbk dan dua restoran KFC yaitu: restoran KFC Cabang Pajajaran No. 8 Bogor dan restoran KFC Cabang Plaza Ekalokasari. Dalam penelitian ini digunakan data primer dan data sekunder baik kualitatif maupun kuantitatif.Untuk survei kepuasan pelanggan, metode penelitian yang dilakukan adalah metode survei sedangkan pengambilan sampel responden dilakukan dengan sengaja. Untuk survei kepuasan dan motivasi pekerja, metode penelitian yang dilakukan adalah metode survei dan pengambilan sampel responden dilakukan dengan sengaja. Pengambilan sampel dilakukan secara proporsional terhadap jumlah populasi yang ada dengan teknik pengambilan sampel berstrata. Data dikumpulkan melalui wawancara, studi kepustakaan dan kuesioner. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134544
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A04rsu1.pdf
  Restricted Access
34.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.