Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134520
Title: Strategi pemasaran pop nugget : Studi kasus PT Suprasari Pratama Bogor
Authors: Putri, Eka Intan Kumala
Saragih, Jane Lolyka
Issue Date: 2004
Publisher: IPB University
Abstract: Prospek usaha makanan siap saji salah satunya chicken nugget cukup baik, karena masyarakat Indonesia pada saat ini, terutama di kota-kota besar, rata-rata tinggal di daerah sub urban. Mobilitas masyarakat kota yang makin meningkat menyebabkan terbatasnya waktu untuk memasak dan mengolah makanan sendiri. Masyarakat perkotaan umumnya lebih memilih membeli dan mengkonsumsi makanan yang pengolahannya cepat, praktis disamping memiliki kandungan gizi yang baik dan rasanya enak. Konsumsi masyarakat Indonesia terhadap daging dan makanan olahan saat ini cukup tinggi, sebesar 17,13 persen untuk daging dan 15,07 persen untuk makanan dan minuman siap saji dari total pengeluran rumah tangga untuk pangan (Badan Pusat Statistik, 2002). Chicken nugget merupakan produk pangan olahan berbasis daging yang saat ini banyak dikembangkan perusahaan agroindustri peternakan, baik perusahaan berskala besar seperti PT. Charoen Pokhpand Indonesia Tbk, Japfa Group, dan PT. Sierad Produce. Mereka melabel produk dengan nama Fiesta, So Good, dan Delfarm. Perusahaan sejenis pendatang baru diantaranya Yuppi Food dan Bellfood, skala menengah maupun industri rumah tangga. Persaingan yang tinggi dalam industri ini juga dapat dilihat dari semakin banyaknya merek dan jenis produk chicken nugget yang dapat ditemui di pasaran dan semakin maraknya iklan produk ini di berbagai media. PT. Suprasari Pratama merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi chicken nugget. Perusahaan telah menerapkan strategi bauran pemasaran dalam menjalankan usaha, namun hingga saat ini target penjualan belum tercapai. Hal ini dapat dilihat dari pemakaian mesin yang belum optimal sementara trend penjualan meningkat, ini menunjukkan masih ada peluang pasar. Saat ini perusahaan mencoba melakukan pengembangan pasar ke daerah Bandung. Dari permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk menganalisis lingkungan pemasaran internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi pemasaran POP NUGGET; mengetahui posisi perusahaan dan merancang alternatif strategi pemasaran POP NUGGET daan memilih alternatif strategi yang paling diminati dan; menganalisis bauran pemasaran yang dijalankan perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Suprasari Pratama yang berlokasi di Jl. Pangkalan Raya I//18 Warung Jambu-Bogor. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Identifikasi masalah di dekati dengan menggunakan alat analisis IFE (Internal Factor Evaluation) matriks, EFE (External Factor Evaluation) matriks, IE (Internal-External) matriks dan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats). Sedangkan untuk pemilihan strategi dengan menggunakan QSP (Quantitative Strategic Planning) matriks. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134520
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A04jls.pdf
  Restricted Access
27.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.