Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134467
Title: Strategi Marketing Program Wakaf Yayasan Hutan Wakaf Bogor
Other Titles: Marketing Strategy for Waqf Program of Bogor Forest Waqf Foundation
Authors: Beik, Irfan Syauqi
Nugrahani, Endar Hasafah
Fakhri, Ismail
Issue Date: 9-Jan-2024
Publisher: IPB University
Abstract: Wakaf merupakan instrumen syariah yang dapat bermanfaat luas bagi masyarakat. Kontribusi wakaf dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dicirikan dengan terjadinya pergeseran kepemilikan pribadi menjadi kepemilikan bersama. Wakaf hutan adalah salah satu wakaf produktif yang dikembangkan oleh Yayasan Hutan Wakaf Bogor. Program wakaf hutan yang dikembangkan oleh Yayasan Hutan Wakaf Bogor bertujuan untuk mengelola dan menjaga hutan dengan produktif dan menghasilkan manfaat ekonomi, sosial, dan lingkungan. Program wakaf hutan didasari oleh kepedulian terhadap lingkungan, terutama dengan meningkatnya laju deforestasi yang tinggi. Meskipun potensi wakaf hutan sangat besar, namun penghimpunan wakaf yang optimal masih sulit dicapai karena kurangnya pengelolaan, pemasaran, dan kerjasama yang baik antara lembaga pemangku, Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU), dan pihak penghimpun. Sebagai seorang pemasar, perlu untuk menerjemahkan kondisi pasar dan membuat strategi yang efektif untuk meningkatkan penghimpunan wakaf hutan. Untuk memperoleh penghimpunan dana wakaf yang lebih optimal, penelitian akan dilakukan untuk mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi pengambilan keputusan target pasar dalam melakukan wakaf. Penelitian ini akan menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner dari 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak manajemen dalam melakukan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien dalam menghimpun dana wakaf. Berdasarkan hasil penelitian, pembeli produk wakaf hutan pada Yayasan Hutan Wakaf Bogor didominasi oleh Generasi Milenial yang belum menikah dan memiliki pendapatan sebesar Rp. 1.000.000 – Rp. 2.000.000. Dalam rangka meningkatkan efektivitas pemasaran produk wakaf hutan, ditemukan bahwa faktor brand image dan kepercayaan konsumen sangat berpengaruh. Oleh karena itu, beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan antara lain memperkuat brand image merek, meningkatkan kepercayaan konsumen, melakukan kegiatan sosial, menjaga komunikasi dengan konsumen, serta melakukan analisis dan evaluasi data secara berkala
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134467
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Full Paper.pdf
  Restricted Access
Fulltext9.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.