Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134385
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHardinsyah, Hardinsyah-
dc.contributor.authorPutri, Anggi Vebryan Eka-
dc.date.accessioned2024-01-10T04:42:03Z-
dc.date.available2024-01-10T04:42:03Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134385-
dc.description.abstractANGGI VEBRYAN EKA PUTRI S. Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Nilai Uji Kompetensi Gizi Klinis dan Pengelompokkan Program Studi untuk Peningkatan Kompetensi Lulusan. Dibimbing oleh Hardinsyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan program studi (prodi) berdasarkan nilai kompetensi di bidang gizi klinis dan faktor yang berhubungan. Data sekunder dari 3.013 peserta dari 74 prodi gizi pada Uji Kompetisi Nutrisionis Nasional (Ukom) tahun 2022, yang menggunakan desain studi cross sectional. Ukom terdiri dari tiga kompetensi utama yaitu gizi masyarakat (GM), manajemen pelayanan makanan (MPM), dan kompetensi gizi klinis (GK). Uji analisis klaster digunakan untuk mengelompokkan prodi gizi berdasarkan nilai ujian kompetensi gizi klinis. Uji analisis regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis hubungan antara karakteristik prodi dan nilai GK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 23%, 50%, dan 27% prodi gizi yang diklasifikasikan sebagai sangat menguasai, menguasai, dan kurang menguasai, berturut-turut. Faktor-faktor yang berhubungan dengan nilai GK adalah wilayah (Jawa, Sumatera), perguruan tinggi negeri, dan peringkat akreditasi unggul memiliki hubungan positif yang signifikan. Prodi gizi swasta dengan akreditasi baik dan sangat baik yang berada di luar Jawa dan Sumatera perlu meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang gizi klinis.id
dc.description.abstractANGGI VEBRYAN EKA PUTRI S. Analysis of Related Factors to Clinical Nutrition Competency Test Scores And Study Programs Classification to Improve Graduate Competencies. Supervised by Hardinsyah. This study aims to classify study programs based on competency scores in clinical nutrition and its correlated factor. A secondary data set of 3.013 participants from 74 nutrition study programs (NSPs) of the 2022 national nutritionist competency test (NNCT), which applied a cross sectional study design was used. The NNCT consist of three major competencies namely community nutrition, food service management, and clinical nutrition competencies (CNC). A cluster analysis test was used to classify nutrition study programs based on the nutrition clinical competency test scores. A multiple linear regression analysis test was used to analyze the correlation between study program characteristics and CNC scores. The results showed that there were 23%, 50%, and 27% NSPs classified as very mastering, mastering, and less mastering, respectively. Factors correlated with CNC scores were region (Java, Sumatra), public university, and excellent accreditation rank had a significant positive correlation. Private nutrition study programs with good and very good accreditation located outside Java and Sumatra need to improve the quality of learning in clinical nutrition.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN NILAI UJI KOMPETENSI GIZI KLINIS DAN PENGELOMPOKKAN PROGRAM STUDI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI LULUSANid
dc.title.alternativeAnalysis of Related Factors to Clinical Nutrition Competency Test Scores And Study Programs Classification to Improve Graduate Competenciesid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordclinical nutritionid
dc.subject.keywordcluster analysisid
dc.subject.keywordcompetency testid
dc.subject.keyworduniversity statusid
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover_skripsi.pdf
  Restricted Access
Cover401.31 kBAdobe PDFView/Open
I141900008_Anggi Vebryan Eka Putri S.pdf
  Restricted Access
Full text881.34 kBAdobe PDFView/Open
lampiran_skripsi.pdf
  Restricted Access
Lampiran146.18 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.