Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134191
Title: | Analisis kinerja firewall pada jaringan intranet Departemen Pertanian RI |
Authors: | Rambe, Abdurrauf Adisantoso, Julio Wellyani, Dhanindyah |
Issue Date: | 1999 |
Publisher: | IPB University |
Abstract: | Lebih dari lima talmn, popularitas Internet dan tcknologi intinya, tclal1 membuat setiap organisasi yang memanfaatkan teknologi informasi mencrapkan utilisasi Internet dalarn berbagai tingkat kebutuhannya. Dengan Internet yang menjadi semakin populer, kcbutuhan akan pengontrolan interaksi rnenjadi suatu critical issue bagi administrator sistern dan jaringan, dan sekuritas suatu private network rnenjadi sangat penting artinya bagi kelangsungan hidup jaringan kornputer tersebut. Intranet adalal1 suatu private network yang memanfaatkan teknologi dan arsitektur Internet. Untuk memastikan proteksi terhadap informasi yang scnsitif, dan memastikan hacker tidak mcrusak sistem komputer dan data, mal<a sistcm sekuritas yang disebut firewall akan memproteksi intranet dari Internet. Teknologi firewall menggunakan kombinasi router, server, dan hardware/software laim1ya untuk mengijinkan orang-orang dalarn intranet menggunakan sumberdaya Internet namun memblokir orangĀorang di luar jaringan internal dalam mengakses intranet. Firewall mcrupnkan sistcm yang menerapkan suatu kcbijaksanaan kontrol akscs (access control policy) terhadap jaringan terproteksi. Terdapat di dalamnya dua mekanisme yang prinsipal, yaitu memblokir/mcniadakan lalulintas data (blocking/denying) clan mengijinkan data (permitting/allowing) untuk keluar./masuk jaringan internal, berdasarkan kebijakan perusal1aan. |
URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134191 |
Appears in Collections: | UT - Computer Science |
Files in This Item:
File | Size | Format | |
---|---|---|---|
G99DWE.pdf Restricted Access | 5.63 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.