Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134144
Title: Analisis Perbandingan Efektifitas CSR PJB –ubjom Indramayu Tahun 2016 dan 2017
Authors: Cahyadi, Eko Ruddy
Wijaya, Nur Hadi
Issue Date: 2023
Abstract: Objektif: Program CSR PT PJB UBJOM Indramayu pada tahun 2017 memasuki tahun ke dua dimana pada tahun 2015 pengelolaan program CSR dialihkan dari PLN ke PT. PJB. Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, pada tahun ini program CSR PT PJB UBJOM Indramayu memperbaiki perencanaan dan implementasi program agar lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Oleh sebab itu penting untuk dilakukan evaluasi kembali, agar perbaikan tersebut dapat berlansung secara berkelanjutan. Masyarakat sebagai stakeholder atau pemangku kepentingan utama program CSR perlu dilibatkan secara partisipatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian keberhasilan program. Salah satu indikator keberhasilan tersebut adalah kepuasan masyarakat yang diukur indeksnya dalam kajian ini. Di samping itu, kajian ini juga mengukur perubahan yang terjadi pada kelompok penerima manfaat. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan cara FGD, obeservasi, dan interdepth interview kepada 35 responden masyarakat yang merupakan anggota komunitas dan lima kelompok penerima manfaat. Metodologi: Pengumpulan data dilaksanakan melalui pengisian kuisioner terstruktur, diskusi kelompok dan observasi pada tanggal 25 dan 26 Oktober 2018 di lokasi-lokasi kelompok penerima manfaat program CSRPT PJB UBJOM Indramayu. Pengisian kuisioner terstruktur dan diskusi kelompok dilaksanakandi Pantai Plentong, salah satu kawasan binaan CSR PT PJB. Hasil: Dalam konteks program CSR secara keseluruhan terdapat empat faktor yang perlu mendapat prioritas utama untuk diperbaiki, yakni: (1) Setelah pelaksanaan program CSR selalu dilakukan evaluasi secara rutin, (2) Program CSR yang dilakukan sesuai dengan harapan masyarakat, (3) Manfaat yang dirasakan dari program CSR lebih besar dibandingkan dengan upaya pelaksanaan program tersebut, (4) Program CSR yang dilakukan dapat berdampak/membantu kemajuan masyarakat, (5) Sumberdaya material pada program CSR dialokasikan secara merata dan proporsional untuk setiap wilayah. Sedangkan dalam konteks manajemen program, terdapat empat prioritas yang perlu diperbaiki, yakni: (1) Tujuan kegiatan dapat terukur dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan pelaksana, (2)Kemampuan petugas/pendamping dalam melaksanakan program CSR yang baik, (3)Kesederhanaan dan kemudahan dalam mengelola dan memenuhi target serta tujuan program CSR, (4) Kemampuan petugas/pendamping dalam menyampaikan informasi dengan jelas dan mudah dimengerti peserta program. Adapun dalam konteks penyaluran, terdapat enam prioritas, yakni: (1) Kemudahan mencapai kantor UP PT PJB dan kantor layanan terkait, (2)Kelengkapan fasilitas pendukung pelaksanaan program CSR PT PJB, (3)Kesesuaian standar pelaksanaan (pelayanan/penyaluran) program CSR dengan ketentuan nasional atau internasional (lingkungan, pemanfaatan energy, industry), (4)Bagian CSR PT PJB cepat tanggap dalam memberikan pelayanan, (5)Ketepatan solusi yang diberikan kepada masyarakat terkait permasalahan yang terjadi pada program CSR yang berlangsung (pelayanan/penyaluran), (6)Kemampuan bagian CSR PT PJB memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Secara keseluruhan nilai Compass Sustainability Index untuk PT PJB UBJOM Indramayu adalah sebesar 81.75% yang menunjukkan perubahan berkelanjutan terjadi secara signifikan. Perubahan paling positif terjadi pada indikator lingkungan (nature) dan kesejahteraaan (wellbeing) dengan nilai beturut-turut 86% dan 83%, disusul oleh indikator ekonomi dan sosial yang memiliki nilai sama 79%. Nilai semua indikator pada tahun 2017 ini lebih tinggi dibandingkan dengan compass sustainability index pada tahun 2016. Ini menunjukan perbaikan pelaksanaan program sehingga perubahan dapat lebih dirasakan oleh kelompok penerima manfaat.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134144
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
04 Jurnal Analisis Perbandingan Efektifitas CSR PJB-UBJOM Indramayu.pdfArticle888.2 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.